Home DPRD 1888 Usulan Hasil Reses DPRD Selama Tahun 2023 Diserahkan Ke Pemkab Tabalong

1888 Usulan Hasil Reses DPRD Selama Tahun 2023 Diserahkan Ke Pemkab Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

DPRD Tabalong menggelar rapat paripurna internal ke-23 masa sidang tiga, dalam rangka penyampaian hasil aspirasi reses anggota DPRD masa sidang satu, dua, dan tiga tahun anggaran 2023 pada kamis 22 desember 2023. Dalam rapat paripurna ini DPRD Tabalong sampaikan ribuan usulan ke TAPD Tabalong.

Sebayak 1.888 usulan atau aspirasi masyarakat yang dihimpun seluruh anggota DPRD Tabalong diserahkan kepada Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Usulan tersebut dihimpun melalui 3 kali masa reses atau waktu anggota DPRD mengunjungi daerah pemilihannya. Yakni reses pertama pada 7 hingga 12 april 2023 yang menghimpun 567 aspirasi masyarakat, reses kedua pada 11 hingga 16 juli 2023 yang menghimpun 494 usulan, dan reses ketiga pada 12 hingga 16 oktober 2023 yang menghimpun 827 usulan.

Dari ribuan usulan ini, usulan terbanyak diajukan pada Dinas PUPR sebanyak 598 usulan. Disusul Dinas Perkim sebanyak 245 usulan, DKPPTPH sebanyak 125 usulan, Dinas Tenaga Kerja 102 usulan, Disporapar 44 usulan, Dinas Pendidikan 36 usulan, Dinkes 25 usulan, DLH 16 usulan, Dinsos 12 usulan, Dishub 10 usulan, BPBD 8 usulan, dan Satpolpp Damkar 6 usulan.

Wakil ketua DPRD Tabalong Jurni menuturkan dari keseluruhan usulan akan kembali dipilih usulan prioritas yang akan dimasukan dalam musyawarah rencana pembangunan pada maret 2024 mendatang.

Baca Juga  13 WBP Rutan Tanjung Akan Asimilasi Rumah Bulan Januari 2023

“cuman alhamdulillah yang namanya kita ke desa, hampir semua yang diusulkan itu pasti ada yang prioritas, nah jadi alhamdulillah sudah dua tahun ini pelaksanaan sudah cukup bagus, hampir tidak ada lagi setiap desa itu yang dapat nol tidak ada kegiatan, nah jadi dengan cara seperti ini hampir semuanya yang diusulkan dalam aspirasi itu masuk pak.”

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tabalong, Hamida Munawarah mengatakan karena terbatasnya angggaran, TAPD bersama DPRD Tabalong akan kembali mendiskusikan usulan mana yang akan menjadi prioritas.

“tentu setelah kita sisir kembali nanti apa yang jadi prioritas dirpjmd, yang menjadi prioritas sekali pak mungkin, jadi penganggaran kita arahin kesana dulu, kalau memang dana kita lebih banyak dan memungkinkan bisa bisa saja, ini kalau penganggaran kita terbatas tentu kita akan mencari yang nanti berdiskusi juga dengan DPRD yang mana yang memang betul betul prioritas.”

Dalam rapat paripurna interna ini, dokumen usulan reses diserahkan secara langsung oleh DPRD ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah, dan ditanda tangani secara langsung oleh wakil ketua DPRD Tabalong serta Sekretaris Daerah Tabalong.

Dano nafarin, tv Tabalong, melaporkan.

Related Articles

Leave a Comment