Home Tabalong Hari Ini Pemkab Tabalong Akan Luncurkan Barkah, Becak Digantikan Bajaj Elektrik

Pemkab Tabalong Akan Luncurkan Barkah, Becak Digantikan Bajaj Elektrik

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan perekonomian sekaligus menekan angka inflasi di Kabupaten Tabalong, pada tahun 2023 pemkab Tabalong akan meluncurkan inovasi barkah atau bajaj angkutan rakyat kendalikan inflasi daerah.

Pemerintah Kabupaten Tabalong terus menciptakan berbagai inovasi dalam mendorong penguatan ekonomi sekaligus pengendalian inflasi di Kabupaten Tabalong.

Salah satunya yakni dengan menghadirkan inovasi barkah atau bajaj angkutan rakyat kendalikan inflasi daerah, yang rencanya akan diluncurkan pada desember tahun 2023 ini.

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah BPKAD Tabalong telah menyiapkan sebanyak 10 unit bajaj elektrik.

Bajaj ini nantinya akan diberikan kepada pelaku usaha transportasi becak yang ada di pasar tanjung, dengan sistem kerjasama berupa sewa.

Saat diwawancara belum lama tadi, kepala BPKAD Kabupaten Tabalong, Husin Ansari menjelaskan bahwa inovasi barkah ini bertujuan untuk memudahkan dan meningkatkan perekonomian tukang becak yang ada di Tabalong.

“tujuan keberadaan barkah ini pertama juga membantu tadi ya yang tukang becak tadi ekonominya, yang kedua juga meningkatkan roda perekonomian Kabupaten Tabalong, karena ekonominya terbantu otomatis roda pereekonomiannya bagus, yang ketiga juga mengendalikan inflasi, karena sektor transfortasi ini adalah salah satu sektor penyumbang inflasi terbesar di Kabupaten Tabalong walaupun inflasi kkita secara nasional kita itu terendah no 5 di indonesia.”

Husin menambahkan bajaj ini nantinya akan diuji cobakan kepada para penerimanya selama beberapa bulan. Sehingga kemudian dapat dibuatkan sistem penyewaan yang ideal dan sesuai.

Husin menegaskan bahwa inovasi ini tidak akan membebankan kepada para penerimanya, pasalnya pemerintah daerah tidak mencari profit, namun lebih ke program sosial yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat.

Rencananya BPKAD Tabalong ditahun 2024, akan kembali menambah 10 buah bajaj elektrik.

Maria ulfah, tv Tabalong, melaporkan.

Related Articles

Leave a Comment