Home Tabalong Hari Ini Peringati World Rabies Day Tahun 2023, Ratusan Hewan Peliharaan di Upau Divaksin Rabies

Peringati World Rabies Day Tahun 2023, Ratusan Hewan Peliharaan di Upau Divaksin Rabies

by Muhammad Rais
0 comment

Ratusan hewan peliharaan di Kecamatan Upau disuntik vaksin rabies pada peringatan World Rabies Day tahun 2023. Diharapkan melalui kegiatan tersebut, tidak ada lagi kasus rabies di Kecamatan Upau.

Sebanyak 270 ekor hewan peliharaan warga Kecamatan Upau disuntik vaksin rabies pada peringatan World Rabies Day, Sabtu, 7 Oktober 2023, di halaman kantor Kecamatan Upau, Desa Pangelak. Dari jumlah tersebut, 270 hewan peliharaan terdiri dari 47 ekor anjing dan 223 ekor kucing.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, Saleh, yang ditemui setelah vaksinasi, menjelaskan bahwa peringatan Hari Rabies Sedunia tahun ini menyasar Kecamatan Upau karena daerah tersebut memiliki tinggi populasi hewan peliharaan berisiko menularkan rabies ke manusia. Terdapat 4 kasus rabies tercatat sepanjang tahun 2023 di Kecamatan Upau.

“Untuk masyarakat, agar hewan peliharaannya melapor apabila ada kejadian, dan sesegera mungkin hewan-hewan peliharaan ini disuntik anti-rabiesnya. Jadi vaksin ini memang sangat ampuh, agar masyarakat terhindar dari penyakit rabies,” kata Saleh, Kepala Disbunnak Tabalong.

Disbunnak Tabalong secara berkesinambungan melaksanakan vaksinasi rabies ini dengan cara jemput bola ke Desa Kinarum, Pangelak, dan Bilas Kecamatan Upau, serta Desa Warukin Kecamatan Tanta. Sebanyak 1500 dosis vaksin rabies sudah disuntikkan di 4 desa tersebut.

Disamping itu, mereka juga menyediakan vaksin rabies di Puskeswan, yang berlokasi di belakang kantor Disbunnak Tabalong, Mabuun Kecamatan Murung Pudak. Puskeswan membuka pelayanan bagi masyarakat yang ingin memvaksin hewan peliharaannya.

Baca Juga  Kuota Haji Tabalong Tahun 2024 Meningkat Menjadi 556 Orang

Selain upaya vaksinasi rabies, Disbunnak Tabalong akan mengeliminasi hewan-hewan liar rentan rabies seperti anjing, kucing, musang, dan monyet. Pasalnya, hewan-hewan liar tersebut sulit untuk ditangkap sehingga tidak dapat divaksin.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment