Home Tabalong Hari Ini Muspika Upau Dukung Upaya Tuntaskan Rabies

Muspika Upau Dukung Upaya Tuntaskan Rabies

by Muhammad Rais
0 comment

Muspika Upau menyambut baik kegiatan vaksinasi rabies pada peringatan World Rabies Day tahun 2023 di Kecamatan Upau. Mereka pun siap mendukung berbagai upaya untuk meminimalisir terjadinya percepatan rabies.

Hal tersebut diungkapkan Camat Upau, Agustian Rusli, usai vaksinasi rabies pada peringatan World Rabies Day tahun 2023, Sabtu, 7 Oktober 2023, di halaman kantor Kecamatan Upau, Desa Pangelak. Ia mengaku bersyukur peringatan Hari Rabies Sedunia tahun ini dilaksanakan di wilayahnya, karena Kecamatan Upau tertinggi kasus rabies hingga 4 kejadian, dan populasi hewan berisiko menularkan rabies ke manusia mencapai lebih dari 600 ekor.

Agustian menambahkan, data 600 ekor hewan rentan rabies ini termasuk anjing-anjing liar yang tidak dapat divaksin karena sulit untuk ditangkap. Ke depan, pihak Disbunnak Tabalong dan Muspika Upau akan melakukan upaya eliminasi anjing-anjing liar tersebut.

“Kegiatan ini tentu kesempatan yang baik bagi masyarakat, karena yang jadi kendala saat ini pusat kesehatan hewan lumayan jauh dari sini. Dan kedepannya kami juga berharap di kecamatan Upau akan ada pusat kesehatan hewan yang bisa mengakomodir hewan-hewan peliharaan masyarakat kami disini,” ujar Agustian Rusli, Camat Upau.

Babinsa Koramil Nol Dua Haruai, Serma Made Ria, siap turun tangan mendukung upaya vaksinasi rabies secara jemput bola dan eliminasi anjing-anjing liar rentan rabies. Ia berharap, disamping upaya yang dilakukan pemerintah, masyarakat Kecamatan Upau juga sadar untuk memberikan vaksin rabies hewan peliharaannya.

Baca Juga  Bupati Anang: Inovasi Bukan Lagi Sebuah Prestasi, Tetapi Kebutuhan

“Kalo kami Babinsa selalu siap pak mendukung, karena apapun itu untuk masyarakat, untuk kebaikan masyarakat, kesejahteraan masyarakat, keamanan, kita siap,” Serma Made Ria, Babinsa Koramil 02/Haruai.

Sebanyak 270 ekor hewan peliharaan warga Kecamatan Upau disuntik vaksin rabies pada peringatan World Rabies Day tahun 2023. 270 hewan peliharaan terdiri dari 47 ekor anjing dan 223 ekor kucing.

Sebelumnya, Disbunnak Tabalong sudah melaksanakan vaksinasi rabies jemput bola. Disbunnak menyiapkan 1500 dosis vaksin rabies yang menyasar hewan peliharaan di Desa Kinarum, Pangelak, dan Bilas Kecamatan Upau, serta Desa Warukin Kecamatan Tanta.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment