Home Tabalong Hari Ini Cegah Flu Burung, Ribuan Itik Akan Disuntik Vaksin

Cegah Flu Burung, Ribuan Itik Akan Disuntik Vaksin

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk mencegah virus flu burung, DISBUNNAK Tabalong melakukan vaksinasi ND-AI pada ternak itik. Vaksinasi ND-AI tersebut menyasar 15 ribu ternak itik se-Kabupaten Tabalong.

Dinas Perkebunan dan Peternakan (DISBUNNAK) Tabalong mulai melakukan vaksinasi ND-AI pada ternak itik pada Kamis, 30 September 2023, di Desa Hariang RT 6, Kecamatan Banua Lawas.

Vaksinasi ini merupakan vaksin pertama yang diberikan pada ternak itik yang berusia satu bulan, untuk melindungi kekebalan tubuh dan mencegah itik terpapar virus flu burung. Pasalnya, pada usia 1 minggu sampai dengan 1 bulan, itik perlu imunitas agar harapan hidupnya lebih lama.

Kepala DISBUNNAK Tabalong, Saleh, berharap seluruh peternak itik memanfaatkan program vaksinasi ND-AI, bukan hanya kelompok ternak penerima bantuan. Para petugas akan terjun langsung ke lapangan melakukan vaksinasi hingga akhir tahun 2023.

“Sebenarnya untuk mendukung ekonomi kerakyatan yaitu meningkatkan pendapatan mereka sendiri, yang selama ini dia kebanyakan bertani padi, nah ini kita berikan bantuan agar ada pendapatan sampingan.” ujar Saleh, Kepala DISBUNNAK Tabalong.

Setelah vaksinasi pertama ini, DISBUNNAK Tabalong akan kembali melakukan vaksinasi kedua, yang dianggarkan melalui APBD tahun 2024. Vaksinasi kedua dilakukan untuk meningkatkan produksi telur itik, sehingga dilakukan jelang masa produksi telur, atau sekitar 5 hingga 6 bulan ke depan.

Vaksinasi ND-AI menyasar 15 ribu ternak itik se-Kabupaten Tabalong, dengan sasaran utama adalah 7 ribu itik jenis Mojosari, hasil bantuan tahun 2023.

Baca Juga  Pemasangan Keramik Lantai Mesjid Agung Tanjung Ditargetkan Rampung Desember 2023

Bantuan itik jenis Mojosari diberikan ke 5 kelompok ternak, yang berasal dari Desa Hariang 3 kelompok, Banua Lawas 1 kelompok, dan Kelua 1 kelompok.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment