2 Desa Di Tabalong Raih Proklim Lestari Dari KemenLHK

by tabalong hari ini
0 comment

Dua desa di Tabalong berhasil meraih penghargaaan proklim kategori tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu berupa Proklim Lestari. Penghargaan diserahkan pada Festival Iklim yang diselenggarakan Kemen LHK pada 28 Oktober 2022 di Jakarta.

Kedua desa di Tabalong yang meraih Proklim Lestari ini adalah Desa Kambitin Raya Kecamatan Tanjung, dan Desa Jaro Kecamatan Jaro. Tahun 2022 ini Kemen LHK hanya memberikan 12 penghargaan Proklim Lestari bagi Kampung Iklim se Indonesia, 2 di antaranya merupakan Jaro dan Kambitin Raya dari Kabupaten Tabalong.

Atas penghargaan ini, baik Desa Jaro maupun Kambitin Raya mendapatkan trofi, sertifikat, serta insentif yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Kabid PPKL DLH Tabalong, Ruzaida Fitriani, menyampaikan peraih proklim lestari akan terus dipantau, karena akan menjadi percontohan bagi desa proklim lainnya.

“Itu wajib kita lakukan pemantauan, karena nantinya itu menjadi desa percontohan, dan juga selain percontohan juga pembelajaran untuk desa desa lainnya,  otomatis itu akan terus berlanjut, bahkan nantinya kita akan bikin SK Bupati Tabalong untuk penggiat proklim di masing-masing desa yang sudah lestari, baik Desa Kambitin Raya maupun Desa Jaro akan kita masukkan di SK Bupati sebagai pembina Proklim Kabupaten Tabalong,” tuturnya.

Selain mendapatkan Proklim Lestari, Kabupaten Tabalong juga mendapatkan Proklim Utama bagi 6 desa, kategori Madya 15 desa, serta 8 desa kategori Pratama. Tabalong sendiri saat ini telah memiliki 35 Kampung Iklim.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment