Home Editor's Picks Jadi Event Nasional, Mesiwah Pare Gumboh Ke-5 Sukses Digelar

Jadi Event Nasional, Mesiwah Pare Gumboh Ke-5 Sukses Digelar

by Muhammad Rais
0 comment

Mesiwah Pare Gumboh (MPG) Ke-5 menjadi salah satu event yang masuk dalam Kharisma Even Nusantara (KEN) tahun 2023. Ritual adat suku Dayak Deah di Desa Liyu, Kabupaten Balangan, ini sukses digelar pada 21 hingga 23 Juli 2023.

Dengan tema “Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing,” pembukaan MPG Ke-5 diawali dengan tarian Mesiwah Pare khas Dayak Deah oleh penari lokal.

Selain itu, beragam kegiatan ditampilkan dalam event syukuran atas hasil panen pertanian warga Dayak Deah ini. Diantaranya, Arak-Arakan Nyerah Ngemonta atau atraksi tarian mandi api, pertunjukan musik Jantung Borneo, lomba menyumpit dan balogo, ritual Mesiwah Pare, hingga sidang adat Nowus Babatn.

Keberhasilan ritual adat Dayak Deah yang masuk KEN 2023 ini merupakan komitmen warga Desa Liyu dan Desa Gunung Riyut untuk terus menjaga kekayaan budaya yang masih hidup di tengah masyarakat hingga saat ini.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pemerintah Daerah, hingga PT Adaro Indonesia.

PT Adaro melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri telah melakukan pembinaan dan pendampingan sejak tahun 2019 hingga ritual ini menjadi event tahunan di Desa Liyu.

Pihak Adaro menyampaikan bahwa dukungan yang dilakukan perusahaan ini menjadi salah satu dukungan pelestarian budaya Dayak Deah di Kabupaten Balangan.

Baca Juga  10 Desa di Tabalong Ditetapkan Jadi Kawasan Perdesaan Agrowisata Hortikultura

Dalam MPG ini turut ditampilkan berbagai produk UMKM binaan PT Adaro Indonesia.

Pembukaan MPG Ke-5 ini dihadiri Inspektorat II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Kamal Rimosan, Staf Ahli Gubernur Kalsel bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sulkan, Bupati Balangan Abdul Hadi, Community Relation and Mediation Section Head PT Adaro Indonesia Fajerianur, jajaran Dinas Pariwisata Kalsel dan Balangan, serta sejumlah stakeholder terkait.

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

 

Related Articles

Leave a Comment