Home Tabalong Hari Ini Petani di 10 Kampung Hortikultura Bakal Dapat Bantuan Alsintan

Petani di 10 Kampung Hortikultura Bakal Dapat Bantuan Alsintan

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong akan memberikan bantuan alat mesin pertanian kepada para petani di kampung hortikultura. Bantuan ini pun diharapkan dapat menekan biaya produksi para petani.

Untuk mendukung pengembangan kampung hortikultura, DKPPTPH Tabalong pada tahun 2023 akan memberikan bantuan alat mesin pertanian berupa kultivator dan traktor rotary.

Sebanyak 5 unit kultivator akan diberikan kepada petani di 5 kampung hortikultura yang ditetapkan pada tahun 2022, yaitu Desa Masingai 1 dan Desa Masingai 2 Kecamatan Upau, Desa Kembang Kuning, Lok Batu, dan Catur Karya Kecamatan Haruai.

Selain itu, sebanyak 5 unit kultivator dan 25 unit traktor rotary akan diberikan kepada petani di 5 kampung hortikultura yang ditetapkan pada tahun 2023, yaitu Desa Wirang, Desa Seradang, Desa Nawin, Desa Hayup, dan juga Desa Bongkang Kecamatan Haruai.

Kepala Bidang Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Kabupaten Tabalong, Kurdiansyah, menjelaskan bantuan tersebut rencananya akan diserahkan sekitar bulan Oktober hingga November mendatang.

“Harapan kita dengan alat dan mesin pertanian ini, biaya produksi dari pengelolaan kampung horti ini atau pengelolaan tanaman hortikultura terutama sayur-sayuran ini biaya produksi itu bisa lebih rendah. Harapan kita itu.” ujar Kurdiansyah, Kabid Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Tabalong.

Kurdiansyah menambahkan, selain alsintan, DKPPTPH Kabupaten Tabalong juga akan memberikan bantuan berupa pupuk, obat-obatan tanaman, serta berbagai jenis benih hortikultura seperti benih cabai besar, cabai rawit, melon, semangka, terong, hingga benih tomat.

Baca Juga  Kabut Asap Kiriman Dari Luar Daerah, BPBD Tabalong: 2 Pekan Tidak Ada Karhutla

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

 

Related Articles

Leave a Comment