Home Tabalong Hari Ini Pelayanan Disdukcapil Diapresiasi Ombudsman, Rowie: Layanan Akan Terus Ditingkatkan

Pelayanan Disdukcapil Diapresiasi Ombudsman, Rowie: Layanan Akan Terus Ditingkatkan

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tabalong berhasil meraih nilai di atas 90 dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 oleh Ombudsman RI perwakilan Kalimantan Selatan belum lama tadi.

Berdasarkan hasil penilaian kepatuhan kategori unit pelayanan oleh tim Ombudsman RI perwakilan Kalsel, Disdukcapil Tabalong berhasil meraih nilai 93,51 atau masuk dalam zona hijau kategori A.

Adapun aspek penilaian yang dilakukan meliputi 5 komponen, yaitu input, output, proses, pengaduan, dan partisipasi masyarakat dalam pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil Tabalong.

Saat ditemui di ruang kerjanya pada Jumat, 19 Januari 2024, Kepala Disdukcapil Tabalong, Rowie Rawatianice, menyatakan bahwa meski mendapatkan nilai tinggi dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan evaluasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau nilai sempurna dari kategori ini sebenarnya berada di posisi 100, nilai maksimal. Sampai hari ini yang peringkat nasional nomor satu pun masih di posisi 97, apalagi kami yang di posisi 93. Jadi masih banyak hal yang harus kami benahi di 5 komponen tadi: input, output, proses, pengaduan, dan partisipasi masyarakat. Itu yang akan kami lihat, ini nanti biasanya ketika mungkin dalam waktu dekat ini Ombudsman akan memberikan detailnya hasil penilaian mereka. Di situlah kami akan konsen. Misalnya, katakanlah petugas kami masih ada yang kurang kompeten, disitu kami akan push untuk bisa lebih. Yang sudah baik akan kami pertahankan, yang belum akan kami tingkatkan.” ujar Rowie Rawatianice, Kepala Disdukcapil Tabalong.

Baca Juga  PT Adaro Dampingi Warga Masingai 2 Produksi Pakan Ayam KUB Berbahan Lokal

Rowie menambahkan bahwa pihaknya juga akan terus berupaya meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat, salah satunya dengan mengoptimalkan informasi melalui media online, serta terus membudayakan 5-ES (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun).

Diketahui, selain Disdukcapil, juga terdapat lima organisasi perangkat daerah Tabalong lainnya yang meraih predikat serupa, yaitu DPMPTSP Tabalong dengan nilai 95,06, Dinsos Tabalong 92,59, Disdikbud Tabalong 85,11, Puskesmas Tanta 90,45, dan Puskesmas Murung Pudak 83,54.

Berkat capaian tersebut, Kabupaten Tabalong berhasil menjadi terbaik kelima dalam kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 dengan nilai 90,05.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment