Home Tabalong Hari Ini Paliat Online Makin Diminati, Hampir Seribu Izin Diterbitkan di Tahun 2023

Paliat Online Makin Diminati, Hampir Seribu Izin Diterbitkan di Tahun 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tabalong berhasil menerbitkan hampir seribu perizinan melalui Paliat Online di tahun 2023. Izin yang diterbitkan didominasi oleh perizinan bidang kesehatan.

Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan Terpadu Online atau Paliat Online yang dikelola DPMPTSP Tabalong semakin diminati masyarakat. Hal ini terbukti berdasarkan data DPMPTSP Tabalong, sepanjang tahun 2023 sebanyak 972 izin non berusaha dikeluarkan melalui layanan Paliat Online, dengan mayoritas perizinan dibidang kesehatan.

Jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding tahun 2022 lalu yang hanya sebanyak 693 izin.

Kepala DPMPTSP Tabalong, Suryanadie, saat di temui di ruang kerjanya pada Kamis, 18 Januari 2024, menuturkan bahwa Paliat Online merupakan upaya DPMPTSP untuk semakin mempermudah masyarakat Tabalong dalam mengajukan izin non berusaha.

“Yang pasti adalah kita ingin pelayanan perizinan itu lebih mudah, prosesnya lebih mudah. Maka Paliat Online ini dikembangkan, karena apabila Paliat Online ini sudah dikembangkan, maka ada beberapa keuntungan yang pertama tadi mudah, kemudian cepat. Kenapa cepat? Karena proses penandatanganan dokumen itu dilaksanakan secara online, tidak ada lagi hambatan teknis, misalnya ketidakadaan kepala dinas di tempat.” ujar Suryanadie, Kepala DPMPTSP Tabalong.

Suryanadie menambahkan bahwa terdapat 116 kewenangan perizinan yang tersedia di Paliat Online, mulai dari izin alat kesehatan, izin operasional pendidikan PAUD/SD/SMP, izin praktik dokter, izin reklame, izin klinik, izin apotek, izin angkut barang, dan berbagai izin lainnya.

Baca Juga  Jemput Bola Disdukcapil Tabalong Akan Sasar Perusahaan

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment