PT SIS Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Pengajar SMP Alam Muhammadiyah Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

SMP Alam Muhammadiyah Tabalong, Samta, menggelar pembangunan kapasitas bagi para guru dan kepala sekolahnya pada 24 Agustus 2022. Peningkatan kapasitas para guru dan kepala sekolah ini dikerjasamakan dengan Sekolah Alam Balikpapan.

Peningkatan kapasitas SDM Samta ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah dengan konsep alam. Sehingga bisa menjadi sekolah yang mandiri, memiliki karakteristik, dan berkemajuan di Tabalong.

“Program capacity building ini sangat kami harapkan karena dalam kegiatan ini nantinya semua guru atau pengelola disini akan diberikan pelatihan bagaimana konsep sekolah alam dan bagaimana cara atau proses menjalankan konsep sekolah alam. Pasti konsep sekolah alam ini sangat berbeda dengan sekolah pada umumnya,” terang Hamrani , kepala Sekolah Alam Muhammadiyah Tabalong.

Peningkatan kapasitas diberikan pihak Sekolah Alam Muhammadiyah Balikpapan, yang meliputi beberapa aspek. Mulai dari mengidentifikasi kendala yang dihadapi sekolah, guru, kepala sekolah dan pihak yayasan. Pendampingan pembuatan grand desain dan penyusunan program sekolah. Pelatihan kemampuan individu para guru. Serta pembuatan kurikulum dan modul belajar. Hingga peningkatan mutu Samta.

“Tentunya kami berharap dengan program ini Samta bisa menjadi terbaik bukan hanya di Tabalong tapi juga di Kalsel mengingat sarana dan prasarana yang di dukung penuh oleh PT SIS kemudian juga program kapasiti building dari YABN. Ini menjadi modal bagi Samta untuk menjadi sekolah terbaik di Kalsel,” kata Direktur Sekolah Alam Muhammadiyah Balikpapan, Dewi Husnul Khotimah.

Kegiatan peningkatan kapasitas ini sendiri difasilitasi oleh PT Sapta Indra Sejati, melalui dana CSR tahun 2022 senilai 85 juta rupiah. Selain peningkatan kapasitas, melalui dana CSR Tahun 2022, PT Sis juga menyerahkan bantuan berupa infrastruktur mushala terapung senilai 250 juta rupiah pada pihak sekolah. Bantuan ini diharapkan dapat mendukung SMP Alam Muhammadiyah Tabalong menjadi sekolah yang unggul.

“Tujuan kita membina sekolah alam adalah untuk menjadikan sekolah alam menjadi sekolah unggulan di Tabalong dan kedepannya semoga menjadi peninggalan PT Sapta Indra Sejati” tutur Didi Cahyadi , Perwakilan PT. SIS.

Sekolah alam Muhammadiyah Tabalong merupakan sekolah binaan pt sis. Sejak tahun 2019, perusahaan ini menyalurkan sejumlah bantuan, seperti ruang kelas baru di tahun 2019 dan 2021, bantuan covid-19 di Tahun 2020, mushala dan pelatihan ini, di Tahun 2022. Dan rencana bantuan pengembangan unit usaha Samta di Tahun 2023.

(Yayasan Adaro Bangun Negeri, Untuk TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment