Home Editor's Picks Halal Bihalal & Silaturahmi Insan Pertanian

Halal Bihalal & Silaturahmi Insan Pertanian

by tabalong hari ini
0 comment

Masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, DKPPTPH Tabalong menggelar Halal Bihalal dan Silaturahmi Insan Pertanian. Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh insan pertanian saling mendukung untuk mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai penyokong IKN.

Halal Bihalal dan Silaturahmi Insan Pertanian digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong pada Sabtu, 6 Mei 2023 di Hikun Agri Park, Kelurahan Hikun, Kecamatan Tanjung.

Acara Halal Bihalal pasca Lebaran Idul Fitri kali ini mengambil tema memperkokoh silaturahmi bersama mewujudkan Kabupaten Tabalong penyokong pangan IKN.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya mengapresiasi seluruh insan pertanian Tabalong baik yang masih aktif maupun yang purna tugas karena berperan menurunkan angka inflasi Tabalong dalam 8 tahun terakhir. Pasalnya, tingginya angka inflasi pada 8 tahun lalu disebabkan surplus beras yang hanya 8 ribu ton serta sayuran dan hortikultura masih didatangkan dari luar Tabalong.

“Namun sekarang, alhamdulillah surplus beras kita sudah 40 ribu lebih, sayur dan hortikultura kita sudah tidak saja swasembada tapi sudah surplus ya. Nah, ini berkat apa? Berkat kerja keras ibu dan bapak semua,” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong, Fahrul Raji, yang dikonfirmasi usai Halal Bihalal menuturkan, dalam rangka pengendalian inflasi dan mempertahankan ketahanan pangan, pihaknya melakukan akselerasi produktivitas komoditas-komoditas pertanian agar daya beli masyarakat terkendali. Terlebih Tabalong akan menjadi penyokong pangan IKN.

Baca Juga  Bupati Anang Serahkan Paket Lebaran untuk Tukang Ojek, Tukang Gerobak, dan Tukang Becak

“Ya, tentunya kami berharap dukungan dan juga tetap memberi saran kepada kami-kami baik yang aktif maupun yang purna tugas, bisa juga membantu kita lah supaya mendukung terwujudnya Kabupaten Tabalong sebagai penyokong pangan lah,” ujar Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Acara Halal Bihalal dan Silaturahmi Insan Pertanian diisi tausyiah agama oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Sahidul Bakhri. Tausyiah yang disampaikan berkaitan pentingnya senantiasa menjalin tali silaturahmi.

Pada acara ini, turut diserahkan bingkisan kenang-kenangan kepada pegawai DKPPTPH Tabalong yang mutasi kerja dan purna tugas, di antaranya Norzain Ahmad Yani yang kini menjabat Asisten Dua Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Soleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Syam’ani Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian, serta Mohamad Mugeni mantan Kepala DKPPTPH Tabalong yang pensiun bulan lalu.

Kemudian ditutup dengan pengundian door prize bagi peserta yang hadir serta perayaan ulang tahun Syam’ani.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment