Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Penerimaan dan Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Haji Tabalong

Penerimaan dan Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Haji Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Menjelang keberangkatan jamaah haji asal Kabupaten Tabalong ke Tanah Suci, jamaah haji yang sudah tiba di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin melakukan kegiatan penerimaan sekaligus pemeriksaan kesehatan pada Selasa pagi, 30 Mei 2023.

Beginilah suasana saat 328 jamaah haji kloter 2 Embarkasi Banjarmasin yang terdiri dari 322 jamaah haji Tabalong, 1 orang pendamping haji daerah, 1 orang TPHI, 1 orang TPIHI, dan 1 orang TKHI mengikuti kegiatan penerimaan sekaligus pemeriksaan kesehatan menjelang keberangkatan haji.

Bertempat di aula Makkah Asrama Haji Banjarbaru, setiap jamaah menerima sejumlah dokumen seperti visa, tanda pengenal, gelang identitas, hingga living cost senilai 750 Saudi Arabia Riyal atau setara dengan 3 juta rupiah.

Selain itu, setiap jamaah kembali dicek kondisi kesehatannya menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

Ditemui saat meninjau prosesi penerimaan jamaah haji, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Tambrin, menyebutkan bahwa penerimaan ini berjalan lancar, dan jamaah haji lanjut usia akan diprioritaskan dalam berbagai kegiatan rangkaian haji.

“Terutama untuk keberangkatan ini untuk Tabalong ini adalah kloter kedua di Kalimantan Selatan, dan memang dari semua jamaah itu memang usia lansia yang berpotensi risky, risiko tinggi itu dengan kategori adalah usia lanjut, kemudian hipertensi, diabetes, dan jantung begitu, ini yang perlu kita kawal beliau agar dapat melaksanakan haji tahun ini,” ujar Muhammad Tambrin, Kakanwil Kemenag Kalsel.

Baca Juga  Kelompok Ternak Rukun Makmur Olah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik

Sementara itu, sejumlah jamaah haji asal Kabupaten Tabalong yang mengikuti kegiatan penerimaan dan pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin mengaku dalam kondisi sehat dan masih bersemangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang berlangsung.

“Alhamdulillah saat ini sehat dan mudah-mudahan sehat selamanya. (Masih semangat, Pak?) Ia masih semangat saja,” ujar Arbani, jamaah haji asal Tabalong.

“Sementara ini ulun ada pilek sedikit lah. (Masih semangat?) Inggih, semangat,” ujar Gusti Dani Irfansyah, jamaah haji asal Tabalong.

Selanjutnya, seluruh jamaah haji asal Kabupaten Tabalong direncanakan untuk memasuki aula pemberangkatan pada sore harinya dan dijadwalkan berangkat dari Bandara Syamsuddin Noor pada Selasa, 30 Mei 2023, pukul 10 malam dan tiba di Madinah tanggal 31 Mei 2023 pukul 5.30 waktu setempat.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment