Home Editor's Picks Penyangga Pangan IKN, Bupati Tabalong Minta Konsistensi Produktivitas Pertanian Dijaga

Penyangga Pangan IKN, Bupati Tabalong Minta Konsistensi Produktivitas Pertanian Dijaga

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam rangka menyiapkan Kabupaten Tabalong sebagai penyangga pangan IKN, Bupati Tabalong meminta seluruh insan pertanian menjaga konsistensi produktivitas pertanian. Pasalnya, selama ini produktivitas pertanian Tabalong masih fluktuatif setiap tahunnya.

Permintaan tersebut disampaikan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya saat menghadiri halal bihalal dan silaturahmi insan pertanian yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Tabalong, pada Sabtu 6 Mei 2023, di Hikun Agri Park, Kelurahan Hikun, Kecamatan Tanjung.

Bupati Anang menyampaikan, saat ini upaya meningkatkan dan mengembangkan produktifitas pertanian tengah berjalan, yang dibuktikan dengan kontribusi sektor pertanian terhadap produk domestik regional bruto semakin meningkat setiap tahun, dan menjadi basic perekonomian Tabalong.

Akan tetapi, menurutnya, produksi pertanian ini masih fluktuatif, sehingga diperlukan konsistensi untuk menjaganya.

“Makanya fluktuasinya besar, tahun ini sekian produksinya, tahun berikutnya turun, naik lagi. Kita tidak piawai perawat konsistensi. Kita konsentrasi saja kepada hal-hal yang bisa menyebabkan pangan kita ini aman, baik untuk tingkat kabupaten maupun dalam konteks kita berkontribusi ke daerah-daerah tetangga,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang berharap seluruh insan pertanian lebih giat lagi bekerja, guna mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai penyangga pangan ibukota negara baru. Pasalnya, Tabalong menjadi yang terdepan memenuhi kebutuhan IKN, seperti beras, sayuran, dan hortikultura.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Baca Juga  Rutin Periksakan Kesehatan Mampu Kendalikan Hipertensi & Diabetes

Related Articles

Leave a Comment