Home Tabalong Hari Ini Pemkab Tabalong Terima Hibah Kendaraan Operasional Dari BI Kalsel

Pemkab Tabalong Terima Hibah Kendaraan Operasional Dari BI Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menerima hibah kendaraan operasional dari Bank Indonesia. Bantuan hibah tersebut diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan dan upaya pengendalian inflasi di Tabalong.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo, menyerahkan hibah kendaraan operasional kepada Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, usai High Level Meeting TPID Kabupaten Tabalong pada Rabu, 18 Oktober 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Bantuan hibah kendaraan yang diserahkan berupa 1 unit truk second, merk Mitsubishi tahun pembuatan 2003. Meski terbilang tua, BI Kalsel menjamin bahwa truk berkapasitas 7,5 ton ini memiliki kondisi dan mesin yang masih dalam keadaan mumpuni.

“Jadi insyaAllah mudah-mudahan bantuan berupa alat angkut ini dapat membantu Perumda Tabalong Jaya, terutama dalam rangka ketaqhanan pangan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Tabalong.” ujar Wahyu Pratomo, Kepala Perwakilan BI Kalsel.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengapresiasi bantuan hibah mobil yang diberikan Bank Indonesia karena sangat bermanfaat bagi operasional Perumda. Bupati Anang bersama jajaran terkait juga akan mendiskusikan lebih lanjut agar Perumda diarahkan menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pangan, karena dinilai akan lebih bermanfaat bagi masyarakat Tabalong, terlebih untuk menyambut kehadiran IKN.

“Ini akan kami pertimbangkan, Pak Wahyu, untuk menjadi BUMD pangan, karena pengalamannya tadi sudah banyak banget, sehingga tidak terlalu asing kalau Perumda kita ini spesialis BUMD pangan gitu,” ujar Bupati Anang Syakhfiani.

Baca Juga  Pelunasan Biaya Haji Tahap 1 Diperpanjang Hingga 23 Februari 2024

Selain hibah kendaraan operasional Perumda, BI Kalsel telah menjalin kerjasama dengan Pemkab Tabalong di berbagai sektor, antara lain menyediakan subsidi ongkos angkut komoditas pangan dari Pasar Agribisnis Tabalong ke IKN melalui BUMDes Giat Sarabakawa, pengembangan UMKM dan cluster ketahanan pangan, on-boarding UMKM di e-commerce, fasilitasi sertifikat halal, dan kemandirian pesantren.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment