Atlet & Official Tabalong Lakukan Defile Saat Pembukaan Porprov

by tabalong hari ini
0 comment

Opening Ceremony Porprov ke-11 Kalsel Tahun 2022, dimulai dengan suguhan pesona budaya Bumi Antaludin dalam bentuk pemutaran video, lalu Tarian Talabang Banua yang menampilkan Burung Tinjau sebagai maskot Porprov di HSS, serta parade marching band. Kemudian 13 kontingen kabupaten – kota secara bergantian melakukan defile, termasuk Kabupaten Tabalong.

Defile kontingen tabalong dipimpin anggota paskibraka, lalu diiringi 2 Utuh Tanjung yang mengenakan pakaian adat dayak, serta ratusan atlet dan official tim yang berlaga pada porprov ke-11 Kalsel Tahun 2022. Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, turut berdiri dan melambaikan tangan ke defile kontingen Tabalong.

Sementara itu, Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry dalam sambutannya melaporkan, sebanyak 7 ribu 507 atlet dan official tim akan bersaing memperebutkan 1826 medali, dari 41 cabor yang dipertandingkan. Ia pun berharap, meski terjadi persaingan, jiwa sportifitas tetap dijunjung tinggi selama porprov berlangsung.

“Kami berharap kegiatan porprov menjadi ajang menjalin kebersamaan dan kekompakan diantara kita semua, hal-hal terkait permasalahan yang timbul di lapangan seyogyanya bias diselesaikan secara arif dan bijaksana, kedepankan musyawarah untuk mencari solusi. Meskipun terjadi persaingan, namun tentunya kita merupakan satu kesatuan warga Kalimantan Selatan, dan tetap menjadi orang banua yang berjiwa sportif,” tuturnya.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam sambutannya menyampaikan, ajang porprov bukan hanya menjadi atlet terbaik di tingkat provinsi, namun juga wahana untuk penjaringan atlet potensial yang diharapkan dapat berprestasi, dan menjadi atlet profesional hingga ke mancanegara. Selain itu, Sahbirin meyakini, pelaksanaan porprov akan memacu pertumbuhan ekonomi pasca melandainya pandemi covid-19.

“Tidak hanya dalam hal meningkatkan prestasi dan daya saing, tetapi juga dapat memacu pertumbuhan industry olahraga, serta perekonomian kerakyatan di banua kita. Saya sungguh sangat meyakini pelaksanaan porprov kali ini akan lebih menarik dari sebelum-sebelumnya, karena pelaksanaan porprov ini sempat tertunda karena adanya pandemi covid-19,” katanya.

Usai rangkaian acara, porprov ke-11 Kalsel Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalsel dan Bupati HSS, yang ditandai dengan penyalaan Kirab obor. Kirab obor ini sebelumnya mengambil api dari PT Pertamina di Tabalong, kemudian diarak berkeliling 13 kabupaten – kota hingga tiba di HSS.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment