Home Tabalong Hari Ini BI Kalsel Apresiasi Kinerja TIPD Tabalong Yang Mampu Kendalikan Inflasi Hingga Terbaik Kedua di Kalimantan

BI Kalsel Apresiasi Kinerja TIPD Tabalong Yang Mampu Kendalikan Inflasi Hingga Terbaik Kedua di Kalimantan

by Muhammad Rais
0 comment

Kinerja TPID Kabupaten Tabalong dinilai semakin baik dalam mengendalikan inflasi, di tengah ketidakpastian lingkungan global yang semakin tinggi. TPID pun diharapkan tidak lengah dan terbuai atas capaian tersebut.

Permintaan tersebut disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan, Wahyu Pratomo, dalam sambutannya saat High Level Meeting TPID Kabupaten Tabalong pada Rabu, 18 Oktober 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan. Ia mengatakan Tabalong berhasil masuk 3 besar nominasi Kota IHK (Indeks Harga Konsumen) terbaik se-Kalimantan dalam TPID Award 2023. Inflasi Tabalong secara tahunan juga tercatat sebesar 2,12 persen, paling rendah di antara 3 Kota IHK di Kalsel, dan terendah kedua di antara seluruh Kota IHK di Kalimantan.

Wahyu berharap TPID Tabalong tidak lengah dan terbuai atas capaian ini karena pengendalian inflasi akan diperluas terhadap risiko El Nino yang menyebabkan kekeringan lahan. Ditambah lagi, negara-negara eksportir pangan seperti Vietnam dan Thailand membatasi ekspor guna memenuhi kebutuhan negaranya sendiri, sehingga harga beras dunia naik.

“Namun demikian, masih ada potensi risiko El Nino masih berlangsung hingga akhir tahun, dan skalanya dari ringan jadi moderat. Hal ini perlu diwaspadai ditengah kebijakan proteksionisme negara-negara pangan dunia seperti saya sebutkan tadi.” kata Wahyu Pratomo, Kepala Perwakilan BI Kalsel.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menuturkan bahwa kunci pengendalian inflasi adalah inovasi dan kolaborasi. Ia mengatakan bahwa Pemkab Tabalong memiliki 12 inovasi untuk mengendalikan inflasi, di antaranya Julak Wasi dan Langsat Manis. Sedangkan untuk kolaborasi, dilakukan secara internal dan eksternal.

Baca Juga  Pemilih Tak Masuk DPT ATAU DPTb Dapat Mencoblos Dengan Menunjukkan E-KTP

“Kolaborasi internal ini terus kita jalankan ya, tetapi yang lebih penting ini kolaborasi eksternal dengan Bank Indonesia, dengan BPS, dengan Bulog. Tanpa kolaborasi tidak mungkin Tabalong bisa mengendalikan inflasi.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Capaian Tabalong sebagai 3 besar nominasi Kota IHK terbaik se-Kalimantan dalam TPID Award 2023 merupakan wujud konsistensi, kerja cerdas, serta sinergi seluruh anggota TPID di bawah kepemimpinan Bupati Tabalong dalam mengendalikan inflasi.

Perkembangan harga di Tabalong pada September 2023 juga mengalami inflasi moderat sebesar 0,03 persen month to month, lebih rendah dari inflasi nasional sebesar 0,19 persen. Dengan perkembangan ini, inflasi Tabalong secara tahunan tercatat 2,12 persen.

Sedangkan secara akumulatif sejak awal tahun 2023, angka inflasi Tabalong tercatat 1,02 persen. Diperkirakan dengan sisa waktu 3 bulan terakhir, inflasi Tabalong pada akhir tahun tetap terkendali, dikisaran tengah sasaran target, yaitu 3 persen.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment