Home Tabalong Hari Ini Kemen PPA Apresiasi Komitmen Tabalong Dalam Mewujudkan RBRA

Kemen PPA Apresiasi Komitmen Tabalong Dalam Mewujudkan RBRA

by Muhammad Rais
0 comment

Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak Republik Indonesia melaksanakan witness audit standarisasi dan sertifikasi Ruang Bermain Anak Tanjung Bersinar Park Mabuun. Audit dilakukan untuk memastikan ruang bermain tersebut ramah anak.

Pelaksanaan witness audit standarisasi dan sertifikasi Ruang Bermain Anak (RBA) Tanjung Bersinar Park Kabupaten Tabalong, yang dilakukan Kemen PPA melalui Deputi Pemenuhan Hak Anak, berlangsung selama 3 hari, yaitu dari 11 hingga 13 Desember 2023.

Hari pertama dan kedua diisi dengan paparan dan penjelasan terkait standarisasi dan anugerah Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA), metodologi audit, serta kunjungan langsung ke Tanjung Bersinar Park. Sedangkan pada hari ketiga, pihak Kemen PPA menyampaikan hasil evaluasi.

Dari hasil evaluasi, nilai audit Tanjung Bersinar Park sebesar 437 poin, yaitu berada di kategori RBRA tingkat madya. Dengan nilai tersebut, RBA Tanjung Bersinar Park turut mendapatkan evaluasi untuk perbaikan di aspek pengelolaan, kemudahan akses, material taman bermain, serta peralatan permainan yang dinilai masih kurang. Perbaikan dilakukan dengan tenggat waktu 1 bulan.

Menanggapi hal tersebut, pihak pengelola Tanjung Bersinar Park, Adi Rizani, mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk segera melakukan perbaikan dan pembenahan dalam meningkatkan kualitas RBA Tanjung Bersinar Park. Ia pun optimis bahwa dalam tenggat waktu satu bulan, pihaknya mampu memenuhi sejumlah saran dan evaluasi yang diberikan oleh Kemen PPA.

Baca Juga  Pemadanan NIK Jadi NPWP

“Untuk di Dinas Lingkungan Hidup bersama dengan tim gugus depan KLA kami akan berkomitmen melanjutkan pembangunan, pemeliharaan, dan kelengkapan persyaratan yang direkomendasi oleh Kementrian. Kemudian kami juga sebagai pengelola mengharap dukungan dari seluruh SKPD terkait untuk kelancaran kegiatan kami.” ujar Adi Rizani, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong.

Sementara itu, Perencana Ahli Madya Bidang Pengasuhan dan Lingkungan Deputi Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPA, Thomas Rizal, mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam menciptakan ruang bermain ramah anak.

“Ini sebagai komitmen sebenarnya dari pemerintah daerah bagaimana Kabupaten Tabalong, pemerintah daerahnya, benar-benar berkomitmen untuk menyediakan ruang bermain yang ramah anak. Karena proses audit ini jika mendapatkan sertifikat itu sertifikatnya hanya berlaku tiga tahun di karenakan 2019 sertifikat sudah tidak berlaku mereka melakukan reaudit. Nah ini tidak banyak daerah yang seperti ini, kami apresiasi setinggi-tingginya karena dari komitmen pemerintah daerahnya sangat tinggi untuk menyediakan, mengaudit, mensertifikasi ruang bermainnya menjadi ruang bermain yang ramah anak.” ujar Thomas Rizal, Perencana Ahli Madya Bidang Pengasuhan dan Lingkungan, Deputi Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPA.

Thomas berharap agar komitmen pemerintah ini semakin ditingkatkan, sehingga pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Tabalong dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu, Tanjung Bersinar Park juga diharapkan dapat menjadi pilot project bagi ruang bermain anak di tempat-tempat lainnya.

Baca Juga  TP PKK Tabalong Serahkan Paket Ramadan untuk Ratusan Lansia di Banua Lawas

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment