Home Editor's Picks 80% Desa Salurkan BLT DD Jelang Idul Fitri 1444 H

80% Desa Salurkan BLT DD Jelang Idul Fitri 1444 H

by tabalong hari ini
0 comment

Sebagian besar pemerintahan desa di Kabupaten Tabalong telah menyalurkan BLT Dana Desa di bulan April 2023. Penyaluran BLT Dana Desa ini dilakukan lebih cepat untuk meningkatkan daya beli masyarakat menjelang Lebaran.

Sekitar 80 persen pemerintahan desa di Tabalong telah menyalurkan BLT Dana Desa bulan April 2023 menjelang Hari Raya Idul Fitri lalu. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Tabalong, Aidy Risyawal, pada 27 April 2023.

Ia menyebutkan, BLT Dana Desa dari pencairan triwulan kedua ini sebesar 2 miliar 901 juta rupiah untuk 121 desa se-Kabupaten Tabalong. BLT Dana Desa dicairkan oleh KPPN Tanjung Selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat untuk bantuan selama tiga bulan. Kemudian pemerintah desa menyalurkan secara bertahap ke keluarga penerima manfaat setiap bulannya. Khusus pada bulan April 2023, penyaluran BLT Dana Desa diinstruksikan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

“Alhamdulillah kurang lebih 80% desa di Kabupaten Tabalong sudah menyalurkan untuk BLT Dana Desa bulan April, meskipun itu sudah masuk di triwulan II. Tapi karena dalam rangka menjaga nilai beli masyarakat di saat lebaran, maka kemudian diinstruksikan untuk mempercepat penyaluran tersebut,” ujar Aidy Risyawal, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Tabalong

Pemerintah pusat mensyaratkan alokasi Dana Desa untuk BLT minimal 10 persen dan maksimal 30 persen dari total anggaran yang disalurkan tahun 2023. Adapun Dana Desa yang sudah disalurkan ke 121 desa di Kabupaten Tabalong sebesar 36 miliar 775 juta rupiah. Dari anggaran Dana Desa ini, sebesar 5 miliar 858 juta rupiah diperuntukkan BLT Dana Desa triwulan pertama dan kedua.

Baca Juga  PT Pos Cabang Tabalong Salurkan BLT BBM

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment