Home Editor's Picks Kadisdik Tabalong Apresiasi Pilot Project UKLIN SDN 2 Jaing Hilir

Kadisdik Tabalong Apresiasi Pilot Project UKLIN SDN 2 Jaing Hilir

by tabalong hari ini
0 comment

Pelaksanaan uji kompetensi literasi dan numerasi atau UKLIN yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri Dua Jaing Hilir Desa Kasiau Raya Kecamatan Murung Pudak, di sambut baik Kepala Dinas Pendidikan Tabalong, Tonie Marwan. Kadisdik Tabalong berencana akan menerapkan metode UKLIN untuk seluruh satuan pendidikan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Tonie Marwan, saat ditemui usai meninjau langsung pelaksanaan uji kompetensi literasi dan numerasi (UKLIN) di Sekolah Dasar Negeri 2 Jaing Hilir, Desa Kasiau Raya Kecamatan Murung Pudak pada Senin, 15 Mei 2023.

Dalam tinjauannya bersama Pengawas SD Kecamatan Murung Pudak, Jaitun, Tonie Marwan mengapresiasi pilot project yang dilaksanakan oleh Sekolah Dasar Negeri 2 Jaing Hilir. Pasalnya, kerangka UKLIN yang diambil dari Assessment Nasional Berbasis Komputer atau ANBK memiliki nilai positif dalam mengembangkan pola pikir peserta didik di Kabupaten Tabalong.

Untuk itu, Tonie berharap ke depan inovasi ini dapat diterapkan di seluruh satuan pendidikan di bawah binaan Dinas Pendidikan Tabalong.

“Ketika inisiatif ini muncul di salah satu satuan pendidikan di SDN 2 Jaing ini, tentu kami sangat berbangga diri. Harapan kami ke depan, seluruh satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Tabalong nanti kami minta juga untuk terus mengembangkan soal-soal yang sumbernya dari spirit dan semangatnya itu seperti ANBK,” ujar Tonie Marwan, Kepala Dinas Pendidikan Tabalong.

Baca Juga  Sempat Naik, Kini Harga Bawang Merah Mulai Turun

Diketahui, uji kompetensi literasi dan numerasi atau UKLIN merupakan hasil inovasi Kepala SDN 2 Jaing Hilir Susanty, yang dikembangkan perdana untuk satuan pendidikan di Kabupaten Tabalong.

UKLIN ini ditujukan bagi 6 orang murid kelas 6 SDN 2 Jaing Hilir sebagai bentuk penilaian sumatif akhir atau ujian sekolah berbasis Assessment Kompetensi Minimum (AKM).

Melalui UKLIN, sekolah melakukan penilaian akhir untuk 11 mata pelajaran.

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment