Digelar Secara Musyawarah, Siswanto Jabat PAW Kades Burum 2023-2027

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam rangka pemilihan kepala desa antar waktu, warga Desa Burum, Kecamatan Bintang Ara, menggelar kegiatan musyawarah pemungutan suara. Pada pemilihan ini, Siswanto berhasil terpilih sebagai Kepala Desa antar waktu Desa Burum.

Beginilah saat musyawarah dalam rangka pemilihan kepala desa antar waktu atau penggantian antarwaktu atau PAW Kepala Desa periode 2023-2027 yang digelar masyarakat Desa Burum di aula kantor desa, Sabtu, 20 Mei 2023.

Terdapat 2 kandidat yang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa PAW Desa Burum, yaitu kandidat nomor urut 1, Hariyadi, dan kandidat nomor urut 2, Siswanto.

Total sebanyak 43 orang perwakilan masyarakat yang terdiri dari tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, hingga karang taruna dan juga perwakilan perempuan menggunakan hak pilihnya.

Dalam pemilihan yang digelar selama satu setengah jam, Siswanto terpilih menjadi Kepala Desa Burum dengan perolehan 20 suara, disusul lawannya, Hariyadi, dengan 18 suara. Terdapat 2 suara rusak dan 3 masyarakat memilih tidak memberikan suaranya.

Ketua Pelaksana Pemilihan PAW Kepala Desa Burum Marhadi menjelaskan, bahwa pemilihan kali ini digelar dengan sistem musyawarah yang merujuk pada Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa.

“Ini adalah sistem musyawarah karena dalam tahapan PAW ini tidak ada namanya pemilihan umum, jadi sistemnya asas musyawarah berdasarkan Permendagri No. 72, pengganti Permendagri No. 120 tentang pemilihan kepala desa,” ujar Marhadi, Ketua Pelaksana Pemilihan PAW Kepala Desa Burum.

Kegiatan ini turut dihadiri Camat Bintang Ara, Mulyadi, Kapolsek Bintang Ara, Babinsa dan Babinkamtibmas setempat, pengawas desa, serta perwakilan DPMD Kabupaten Tabalong.

Diketahui, sebelumnya kepala desa Burum dijabat A-L sejak Desember 2021, yang kemudian diberhentikan pada April 2022 lantaran tersandung masalah hukum. Selanjutnya, jabatan kades digantikan penjabat sementara Marhadi pada April 2022 hingga Februari 2023, dan dilanjutkan Mulyadi yang juga menjabat sebagai Camat Bintang Ara hingga terpilihnya Kades PAW.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment