Home Tabalong Hari Ini DP3AP2KB Bentuk Forum Anak Desa Panaan

DP3AP2KB Bentuk Forum Anak Desa Panaan

by Muhammad Rais
0 comment

DP3AP2KB Tabalong menggelar sosialisasi dan pembentukan FAD Panaan. Diharapkan dengan terbentuknya FAD, karakter anak-anak Desa Panaan menjadi lebih baik, dan tingkat pendidikannya semakin tinggi.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong menggelar sosialisasi dan pembentukan Forum Anak Desa Panaan pada Selasa, 26 Maret 2024, di aula kantor kecamatan Bintang Ara.

Camat Bintang Ara, Jati Akbar, berharap terbentuknya FAD dapat membentuk karakter anak-anak Desa Panaan menjadi lebih baik melalui berbagai kegiatan positif. Ia juga berpesan agar FAD Panaan mampu bersinergi dengan lingkungan masyarakat sekitar.

“Anak-anak yang ditunjuk atau mewakili anak-anak desa bisa lebih dewasa lagi, bisa memahami tentang berorganisasi, dan banyak hal-hal positif yang tentunya akan didapat dengan terbentuknya forum anak desa ini,” ujar Jati Akbar, Camat Bintang Ara.

Sementara itu, Kepala Desa Panaan, Abdul Somad, menyambut antusias pembentukan FAD Panaan, lantaran dinilai menjadi wadah pembinaan anak-anak agar mau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pemerintah Desa Panaan siap mendukung program kerja FAD Panaan ke depannya.

“Pesan kepada anak-anak kami sekalian, mudah-mudahan dengan pembinaan ini jangan sampai sekolah berhenti di tengah jalan, karena mana kalo misalnya berhenti sekolah kadang-kadang itu lalu bisa dipaksa kawin di bawah umur,” ungkap Abdul Somad, Kepala Desa Panaan.

Baca Juga  Lomba Sepeda Hias Meriahkan HUT RI Ke 77 Di Wayau

Sekedar diketahui, FAD mempunyai lima fungsi utama, yaitu memantau pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban anak, sosialisasi hak dan kewajiban anak di lingkungan teman sebaya anak, menyuarakan aspirasi anak, melibatkan diri dalam proses pengambilan keputusan, serta mendorong anak-anak aktif mengembangkan potensinya.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment