Home Tabalong Hari Ini Batik Tabalong & Baju Kulit Kayu Dayak Deah Akan Dipromosikan di Banjarmasin

Batik Tabalong & Baju Kulit Kayu Dayak Deah Akan Dipromosikan di Banjarmasin

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya mempromosikan Batik Tabalong dan pakaian kulit kayu Dayak Deah, Pemerintah Kabupaten Tabalong akan menggelar fashion show dan bazaar UMKM di Banjarmasin. Sebanyak 18 desain pakaian bercorak Batik Tabalong dan kulit kayu akan ditampilkan pada gelaran event tersebut.

Jelang fashion show Batik Tabalong dan pakaian kulit kayu Dayak Deah, serta bazaar UMKM, Pemerintah Kabupaten Tabalong bekerja sama dengan desainer pakaian Mahdalena Syahdan dan lima modelnya melakukan photoshoot pada Senin, 18 September 2023, di Murung Pudak.

Photoshoot dilakukan sebagai ajang promosi pesona keindahan Batik Tabalong dan kulit kayu yang akan ditampilkan melalui ajang fashion show pada 15 Oktober 2023 mendatang, di Atrium Duta Mall lantai 1, Banjarmasin.

Selain fashion show, pengrajin Batik Tabalong juga akan hadir langsung di stand bazaar UMKM.

Mahdalena Syahdan mengatakan bahwa sebanyak 18 desain pakaian bercorak Batik Tabalong dan kulit kayu Dayak Deah akan ditampilkan. Ke-18 pakaian ini akan dikenakan oleh 15 model wanita dan 3 model pria, berasal dari Tabalong dan Banjarmasin.

Mahdalena menambahkan bahwa desain pakaian-pakaian ini telah disiapkan secara detail sejak satu bulan lalu. Ia perlu menemukan titik perpaduan menarik antara warna pakaian dengan keindahan motif Batik Tabalong, maupun penjahitan kulit kayu di pakaian.

“Ada casual, ada juga kebaya, ada pesta, semuanya saya campur adukkan. Ternyata Batik Tabalong itu bukan hanya bisa dipakai untuk kostum bekerja, tetapi juga ternyata bisa dipakai untuk semua acara, baik resmi dan non resmi,” ujar Mahdalena Syahdan, desainer pakaian asal Tabalong.

Baca Juga  Sukses Replikasi Pustaka Bisa, 6 Perpusdes Diganjar Penghargaan

Mahdalena berharap melalui event fashion show nantinya, Batik Tabalong dan pakaian kulit kayu Dayak Deah semakin dikenal masyarakat luas, bukan hanya di Kalimantan Selatan, tetapi juga di seluruh Indonesia. Ia juga berharap UMKM pengrajin Batik dan pakaian kulit kayu semakin berkembang, serta penjualannya meningkat dengan adanya ajang promosi ini.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment