Home Tabalong Hari Ini Layanan Pengujian UPTD Laboratorium Makin Mudah Melalui SI Uji Tepat

Layanan Pengujian UPTD Laboratorium Makin Mudah Melalui SI Uji Tepat

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong Melaunching Aplikasi SI Uji Tepat atau Sistem Layanan Pengujian Laboratorium Lingkungan yang Transparan, Cepat, Profesional, Akurat, dan Terakreditasi. Melalui Aplikasi SI Uji Tepat diharapkan dapat mempermudah pelanggan untuk mendapatkan pelayanan pengujian lingkungan.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong melalui UPTD Laboratorium Lingkungan kini telah memilki aplikasi SI Uji Tepat atau Sistem Layanan Pengujian Laboratorium Lingkungan yang transparan, cepat, profesional, akurat, dan terakreditasi.

Aplikasi berbasis web ini telah resmi diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong dan langsung disosialisasikan kepada para pelanggan UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Tabalong pada Rabu, 26 Juli 2023, di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Setda Tabalong, Syaiful Ikhwan, dalam sambutannya mengapresiasi kinerja UPTD Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, karena terus berbenah dan menciptakan inovasi guna optimalisasi layanan permintaan pengujian parameter lingkungan kepada pengguna jasa laboratorium.

Sehingga diharapkan dengan adanya aplikasi SI Uji Tepat ini, dapat menjawab tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan pengujian laboratorium lingkungan yang semakin tinggi.

“Saya berharap dengan diluncurkannya SI Uji Tepat, pengajuan permintaan pengujian laboratorium dapat dilakukan secara online dengan alur yang ringkas, akses informasi bisa dilakukan dimana saja, dan perkiraan biaya yang jelas, transparan, dan akurat dengan jangka waktu yang tepat.” ujar Syaiful Ikhwan, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan Setda Tabalong.

Baca Juga  Ratusan Mahasiswa Baru STIA Tabalong Ikuti Kegiatan PKKMB

Kepala UPTD Laboratorium, Yuniarti saat diwawancarai mengatakan, untuk mendapatkan layanan pengujian lingkungan, para pelanggan bisa mengakses di website siujitepat.tabalongkab.go.id, lalu mendaftarkan diri atau login di dalam website tersebut, lalu mengisi format sesuai pelayanan yang diinginkan.

Hal ini tentu dinilai mempermudah para pelanggan untuk mendapatkan layanan secara transparan, cepat, profesional, dan akurat. Yang mana sebelumnya, untuk mendapatkan layanan tersebut, pelanggan harus datang langsung ke kantor UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Tabalong.

“Sebelumnya mungkin masyarakat itu untuk permintaan pengujian ke laboratorium masih datang langsung ke tempat kita, ke kantor kita. Sebelum adanya online melalui website, ini juga kami mengembangkan aplikasi melalui Google Form, yaitu dengan menghubungi admin kami di nomor layanan nanti akan diberikan feedback atau jawaban oleh si admin melalui Google Form. Nah terus dari Google Form itu, kami melakukan pembaharuan lagi yaitu melalui secara website.” ujar Yuniarti, Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan, DLH Tabalong.

Yuniarti menambahkan, dengan adanya aplikasi SI Uji Tepat ini, dapat berpartisipasi dalam menambah Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tabalong, sesuai dengan retribusi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Tabalong.

Terlebih saat ini, UPTD Laboratorium Lingkungan DLH Tabalong telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional per 29 Maret 2023 dan telah teregistrasi per tanggal 12 Juni 2023 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Baca Juga  Padi IP 200 Berhasil Dikembangkan Petani Desa Takulat

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

 

Related Articles

Leave a Comment