Home Editor's Picks Tiba di Madinah, Jamaah Haji Tabalong Laksanakan Rangkaian Ibadah

Tiba di Madinah, Jamaah Haji Tabalong Laksanakan Rangkaian Ibadah

by tabalong hari ini
0 comment

Saat ini jamaah haji Tabalong kloter 02 embarkasi Banjarmasin telah tiba di kota Madinah Al Munawwarah. Para jamaah haji telah memasuki hari keempat dan terpantau dalam kondisi sehat.

Sebanyak 321 jamaah haji, 1 orang pendamping haji daerah, dan 5 orang PPIH kloter 2 embarkasi Banjarmasin telah tiba di kota Madinah pada Rabu, 31 Mei 2023, sekitar pukul 5.17 waktu setempat.

Dari laporan yang diterima dari panitia penyelenggara ibadah haji atau PPIH di kota Madinah, hingga hari keempat di Madinah, kondisi jamaah haji Kabupaten Tabalong seluruhnya terpantau sehat.

Meski beberapa waktu lalu terdapat 1 orang jamaah asal Kecamatan Upau sempat drop akibat kelelahan, namun sudah mendapat penanganan medis dan saat ini sudah bisa menjalankan aktivitas seperti biasa. Saat ini para jamaah haji sudah melaksanakan serangkaian ibadah, termasuk salah satunya melaksanakan shalat sunnah Arbain.

Selain itu, disampaikan oleh petugas haji asal Kabupaten Tabalong, Abdul Khairi, bahwa jamaah haji Tabalong juga sudah melaksanakan rangkaian ziarah di beberapa tempat di seputaran kota Madinah pada hari Jumat, dan ziarah seputaran Masjid Nabawi pada hari Sabtu ini.

“Kemarin juga kita sudah melaksanakan sesuai yang diagendakan oleh Muassasah, ziarah keliling kota Madinah. Kemarin ada ke Masjid Quba, kemudian Masjid Qiblatain, kemudian di Jabal Uhud, kemudian juga ke kebun kurma. Jadi, alhamdulillah kemarin sudah dilaksanakan dengan waktu yang lumayan. Pagi jam 5.30 jamaah sudah diminta berkumpul masuk bis, dan alhamdulillah sebelum jam 10 pagi sudah kembali ke hotel dan jamaah bisa kembali melaksanakan Arbainnya dan shalat Jumat bersama-sama di Masjid Nabawi” ujar Abdul Khairi, petugas haji.

Baca Juga  H-1 Pemilu, Ratusan Masyarakat Rekam E-KTP di Tabalong

Untuk ziarah seputaran Masjid Nabawi, para jamaah juga diajak berkeliling untuk mengenal beberapa situs sejarah, seperti Malam Rasulullah dan para sahabat, Masjid Ghomamah, Masjid para sahabat Rasul, Napak Tilas Suuq Manaahah, Napak Tilas Saqifah Bani Saidah, serta ke komplek pemakaman Baqi Al Ghor Qod, yang mana didalamnya terdapat makam istri Rasulullah yaitu Sayidah Aisyah beserta para sahabat.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment