Home Tabalong Hari Ini Ratusan Siswa Ikuti Pawai Kemerdekaan di Kecamatan Tanta

Ratusan Siswa Ikuti Pawai Kemerdekaan di Kecamatan Tanta

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, ratusan anak-anak dari jenjang PAUD hingga SMP di Kecamatan Tanta mengikuti Pawai Kemerdekaan pada Sabtu, 19 Agustus 2023.

Pawai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 dilepas langsung oleh Camat Tanta Ady Fazar, dari halaman SDN Tanta.

Ratusan peserta yang terdiri dari anak-anak PAUD, TK, SD, hingga SMP yang ada di Kecamatan Tanta terlihat antusias mengikuti pawai ini.

Dengan mengenakan berbagai atribut seperti pakaian pejuang, profesi, hingga pakaian adat, para peserta ini berjalan menuju perbatasan Desa Tanta Hulu.

Saat diwawancara, Camat Tanta Ady Fazar, menjelaskan bahwa Pawai Kemerdekaan ini merupakan salah satu cara untuk memeriahkan dan memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin persatuan dan meningkatkan semangat anak-anak di momen kemerdekaan.

“Salah satu cara dalam memperingati kemerdekaan dimana ini tujuannya adalah untuk menjalin kebersamaan, persatuan dan juga tentunya untuk bisa meningkatkan semangat dan kesehatan jasmani dari anak-anak kita, jadi mereka merasakan bahwa peringatan kemerdekaan ini tentunya disyukuri dan diisi dengan sebaik-baiknya.” ujar Ady Fazar, Camat Tanta.

Senada dengan Camat Tanta, Kepala SMPN 1 Tanta Akhmad Effendi menjelaskan melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda khususnya di wilayah Tanta dapat memiliki sikap nasionalisme dan kebangsaan yang tinggi sejak dini.

Baca Juga  Ribuan Warga Tanjung Ikuti Pelaksanaan Salat Ied Perdana di Mesjid Agung Tanjung

“Ya kami sepakat mengangkat tema, yang pertama memang kebersamaan antara tingkat PAUD sampai SMP, yang mana kami membuat tema dengan adanya pawai kemerdekaan, ini menanamkan sikap nasionalisme dan kebangsaan bagi anak sejak dini.” ujar Akhmad Effendi, Kepala SMPN 1 Tanta.

Sementara itu Kepala SDN Tanta Mariati, berharap anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa dapat terus mengingat perjuangan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan, dan semangat perjuangan itu dapat ditanamkan pada diri anak.

“Agar perjuangan bangsa, para pahlawan terdahulu itu tidak hilang artinya untuk generasi penerus itu mereka tetap mengingat, mengenang perjuangan bangsa Indonesia demi kemerdekaan bangsa Indonesia.” ujar Mariati, Kepala SDN Tanta.

Untuk menyemangati seluruh peserta yang mengikuti kegiatan Pawai Kemerdekaan, panitia pelaksana turut menyediakan doorprize.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment