Home Editor's Picks Jelang Idul Adha, Harga Bapokting di Tabalong Stabil

Jelang Idul Adha, Harga Bapokting di Tabalong Stabil

by tabalong hari ini
0 comment

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Tabalong melakukan monitoring harga dan ketersediaan bahan pokok penting (Bapokting) jelang Hari Raya Idul Adha atau Lebaran Haji 1444 Hijriyah. Monitoring dilakukan di Pasar Raya Bauntung Tanjung pada Selasa pagi, 6 Juni 2023.

Monitoring harga dan ketersediaan Bapokting jelang Hari Raya Idul Adha ini dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain A. Yani, didampingi sejumlah pimpinan SKPD dan pihak terkait yang tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah Tabalong.

Fokus monitoring kali ini adalah pada bahan pokok yang biasanya mengalami kenaikan harga jelang Hari Raya Idul Adha, seperti telur, daging ayam, sapi, beras, minyak, dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Tabalong, Syam’ani, mengatakan bahwa dari monitoring yang dilakukan TPID Tabalong, secara umum ketersediaan dan harga bahan pokok penting cenderung stabil. Disamping itu, pihaknya juga terus berupaya menstabilkan harga dengan menjaga hasil produksi di Kabupaten Tabalong guna menekan inflasi.

“Untuk menjaga stabilisasi harga di dalam wilayah Kabupaten Tabalong, kita upayakan di hulunya. Jadi, kita menjaga kestabilan produksi, termasuk juga untuk bahan-bahan yang tidak dihasilkan sendiri kita menjaga suplai dari luar supaya tetap bisa mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Tabalong,” ujar Syam’ani, Kepala Diskop UKM Perindag Tabalong.

Baca Juga  Jelang Kepulangan Jamaah Haji, Kemenag Mulai Distribusikan Air Zamzam

Syam’ani menambahkan bahwa dari pantauan yang dilakukan, pihaknya juga menemukan kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga, yaitu daging ayam ras yang turun Rp1.500, dari harga Rp32.000 per kilogram kini berada di angka Rp30.500 per kilogram.

Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, pada bulan Mei 2023, Kota Tanjung Tabalong mengalami inflasi year on year (YoY) sebesar 3,64 persen. Angka ini menurun dibanding bulan April lalu sebesar 4,70 persen.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment