Home Tabalong Hari IniPendidikan Ba’arak Usung Meriahkan Pengukuhan Siswa SMPN 6 Tanjung

Ba’arak Usung Meriahkan Pengukuhan Siswa SMPN 6 Tanjung

by tabalong hari ini
0 comment

Ba’arak Usung menjadi tema utama acara pengukuhan dan perpisahan siswa-siswi SMP Negeri 6 Tanjung tahun pelajaran 2022-2023 yang digelar Senin, 29 Mei 2023. Dibalut dengan berbagai penampilan seni dan budaya, Ba’arak Usung sukses memberikan tampilan kaya akan nilai budaya.

Prosesi Ba’arak Usung atau Bausung diawali dengan berjalan kaki oleh kepala sekolah, tamu undangan, guru, orang tua murid, dan para siswa-siswi kelas sembilan, melalui jalan yang telah disiapkan panitia.

Proses Bausung dilakukan oleh beberapa perwakilan murid dengan diiringi lantunan shalawat, tari hadrah, dan tari kuda gipang.

Melengkapi adat Bausung yang menjadi tema utama dalam pengukuhan dan perpisahan SMP Negeri 6 Tanjung, siswa-siswi kelas tujuh dan delapan turut menampilkan pertunjukan seni budaya, dengan menarikan beberapa tarian khas daerah yang ada di Indonesia.

Kepala SMPN 6 Tanjung, Fitriyani, menjelaskan bahwa Ba’arak Usung sengaja digelar sebagai upaya mengenalkan budaya Melayu Banjar kepada siswa-siswi dan masyarakat sekitar SMPN 6 Tanjung.

“Mungkin kita bisa menarik kembali pada tahun sebelumnya bahwa kami juga mengadakan adat juga, adat budaya yang mana di sana adalah temanya adat Jawa, karena masyarakatnya masyarakat Jawa. Nah, untuk tahun ini kembali berbeda itu dikarenakan kita ingin mengenalkan kembali budaya Melayu yang khususnya ada di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Tabalong, karena kita masyarakatnya juga dominan itu masyarakatnya masyarakat Banjar.” ujar Fitriyani, Kepala SMPN 6 Tanjung

Baca Juga  Ratusan Jamaah Haji Kloter 13 Pulang ke Bumi Sarabakawa

Fitriyani menambahkan bahwa pengenalan budaya bagi dirinya cukup penting di luar pengetahuan umum yang harus diajarkan kepada siswa-siswi SMPN 6 Tanjung. Pasalnya, melalui budaya, anak juga mendapatkan nilai-nilai luhur dan budi pekerti yang baik.

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment