Home Keagamaan MTQ Bukan Sekedar Lomba Namun Ajang Membumikan Al-Qur’an

MTQ Bukan Sekedar Lomba Namun Ajang Membumikan Al-Qur’an

by Muhammad Rais
0 comment

Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional Ke-48 Tingkat Kabupaten Tabalong, di Kecamatan Murung Pudak, diharapkan bukan hanya sekedar ajang perlombaan semata, namun juga menjadi cara untuk membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dalam sambutannya saat membuka MTQ Ke-48 Tingkat Kabupaten Tabalong di Kecamatan Murung Pudak pada Senin malam, 6 November 2023.

Anang menjelaskan bahwa terdapat dua tujuan penting pelaksanaan MTQ ini, yaitu sebagai ajang dakwah terbuka dan sebagai ajang membumikan Al-Qur’an agar Al-Qur’an semakin dipahami, didalami, dan diamalkan.

Selain itu, menurutnya, MTQ juga sekaligus sebagai upaya untuk mempererat tali persaudaraan atau ukhuwah Islamiyah.

“Ini semua adalah pesan-pesan penting dari penyelenggaraan MTQ yang perlu kita pahami, sehingga kita dan seluruh umat Islam di Kabupaten Tabalong khususnya, tidak terpaku pada sisi perlombaan saja, akan tetapi betul-betul mampu memetik hikmah sekaligus menangkap pesan dari penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an sebagai aktualisasi diri yang lebih agamis.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Senada dengan Bupati Anang, Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong, Sahidul Bakhri, juga menekankan bahwa MTQ bukan hanya sekadar ajang festival, namun juga merupakan upaya untuk mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an pada malam hari ini, kami mengajak kita semua untuk memandang MTQ bukan hanya ajang festival, akan tetapi bagaimana kita melaksanakan MTQ ini agar Al-Qur’an bisa kita amalkan dalam kehidupan nyata sehari-hari, Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi, menghargai perbedaan, toleran, Islam yang rahmatan lil alamin, Islam yang damai, menghargai kemanusiaan, menghargai manusia serta menghargai demokrasi. Kami berharap MTQ kali ini ajang ukhuwah Islamiyah, ukhuwah Basyariah, dan ukhuwah Wathaniyah.” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kantor Kemenag Tabalong.

Baca Juga  Tekan Inflasi, Disdag Kalsel Kembali Gelar Pasar Murah

Sahidul berharap melalui ajang MTQ, akan menjadi suntikan energi bagi masyarakat untuk terus membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Sahidul juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menggelorakan Magrib Mengaji. Ini dilakukan agar visi misi Tabalong yang lebih agamis, sejahtera, dan mandiri sebagai serambi depan ibukota Nusantara dapat terwujud.

(Tim Liputan TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment