Home Hewan Fasilitas Lengkap dan Kesehatan Terjamin Jadi Alasan Warga Berkurban di RPH

Fasilitas Lengkap dan Kesehatan Terjamin Jadi Alasan Warga Berkurban di RPH

by tabalong hari ini
0 comment

Di momen Hari Raya Idul Adha, sejumlah masyarakat melakukan pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan Disbunnak Tabalong. Rumah Potong Hewan sendiri dipilih sejumlah warga, lantaran dinilai memiliki fasilitas yang lengkap serta kesehatan hewan kurban yang terjamin.

Setelah pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha 1444 Hijriah, sejumlah warga Kabupaten Tabalong yang melaksanakan ibadah kurban langsung mendatangi Rumah Potong Hewan yang berada di lingkungan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak.

Pemotongan hewan kurban sendiri dilakukan oleh para petugas dari Disbunnak Tabalong, sekaligus dibantu oleh warga sekitar.

Sedangkan untuk penimbangan dan pembagian daging kurban, dilakukan secara gotong royong oleh warga panitia kurban di halaman RPH.

Menurut salah satu warga Kelurahan Mabuun Ibu Maroto ia bersama dengan anggota warga lainnya rutin melaksanakan pemotongan hewan kurban di RPH. Hal tersebut ia lakukan, lantaran RPH memiliki fasilitas yang lengkap, serta hewan yang akan dipotong terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Ya, karena setiap tahun kami sudah melakukannya di sini karena di sini tersedia tempat yang nyaman, airnya cukup, terus diperiksa juga kesehatan dari dinas peternakan juga kan jadi kita merasa aman dan nyaman,” ujar Ibu Maroto, warga Mabuun.

Baca Juga  Pertanian Organik Makin Diminati Petani Tabalong

Senada dengan hal tersebut, salah satu warga Kelurahan Mabuun, Rudi, mengatakan bahwa ia juga rutin melakukan pemotongan hewan kurban di RPH. Pasalnya, ia menilai proses pemotongan hewan kurban terbilang cepat, lantaran pemotongan dilakukan oleh para petugas yang sudah ahli di bidangnya.

“Kami sudah sering memotong di sini, karena pertama fasilitas untuk pemotongan terlihat sudah lengkap sehingga memudahkan kami untuk memotong di sini. Kemudian prosesnya juga lebih cepat, karena juga didukung oleh para ahli yang sudah terbiasa memotong sapi, khususnya sapi yang mungkin untuk keperluan sehari-hari di masyarakat Tabalong,” ujar Rudi, warga Mabuun.

Diketahui total hewan kurban berupa sapi yang dipotong di RPH pada tahun ini berjumlah 31 ekor. Sebanyak 1 ekor dipotong pada Rabu, 28 Juni 2023, 17 ekor dipotong pada Kamis, 29 Juni 2023, 10 ekor dipotong pada Jumat, 30 Juni 2023, dan 3 ekor dipotong pada 1 Juli 2023.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Pemkab Tabalong Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-78

Related Articles

Leave a Comment