Home Keagamaan Pawai Takbiran Keliling Desa Kapar Jadi Momen Pererat Silaturahmi Masyarakat

Pawai Takbiran Keliling Desa Kapar Jadi Momen Pererat Silaturahmi Masyarakat

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam rangka memeriahkan malam Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Pemerintah Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak, menggelar Pawai Takbiran Keliling. Pawai Takbiran tersebut diikuti oleh para warga seluruh RT Desa Kapar, Kecamatan Murung Pudak.

Menyambut pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, yang jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023, Pemerintah Desa Kapar bersama Karang Taruna, seluruh RT, BPD, UPBS, dan pihak lainnya, menggelar Pawai Takbiran pada Rabu malam 28 Juni 2023 di Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak.

Pawai Takbiran ini diikuti oleh para warga dari 15 RT yang ada di Desa Kapar. Pada Pawai Takbiran ini, para peserta menghias gerobaknya dengan ornamen-ornamen menarik bernuansa Islami khas perayaan Idul Adha, seperti miniatur masjid, Ka’bah, pesawat haji, sapi, hingga unta.

Ketua Pelaksana Kegiatan Suprapto mengatakan bahwa kegiatan Pawai Takbiran Keliling ini merupakan kali kedua yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Kapar, yang sebelumnya dilaksanakan ketika malam Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pawai Takbiran Keliling ini pun diharapkan dapat menjadi agenda rutin desa, yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar masyarakat.

“Insya Allah, kalau itu memang ada sarana dan prasarana pendukung. Jadi pihak pemerintah maupun swasta yang didasari landasan kebersamaan, juga karena momen ini bagi saya suatu momen gema takbir ini menjadikan cermin umat Islam untuk menjalin tali persaudaraan dan silaturrahmi selama kita masih diberikan nafas oleh Allah SWT,” ujar Suprapto, Ketua Pelaksana.

Baca Juga  21 Jamaah Haji Lansia Akan Diberi Layanan Khusus

Pada Pawai Takbiran ini, para peserta berjalan mengelilingi sekitaran Desa Kapar, yang dimulai dari depan Kantor Desa Kapar, menuju SMAN 1 Tanjung, lalu kembali ke Pasar Kapar dan finish di depan Kantor Desa Kapar.

Pawai Takbiran, kafilah RT 9 berhasil meraih juara 1, disusul RT 3 juara 2, dan RT 10 juara 3. Sedangkan RT 4, RT 15, dan RT 8 masing-masing berhasil meraih juara harapan 1, 2, dan 3.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment