Home Editor's Picks Resmikan Jalan Nan Sarunai, Jokowi: Akan Memacu Pertumbuhan Ekonomi Baru Tabalong

Resmikan Jalan Nan Sarunai, Jokowi: Akan Memacu Pertumbuhan Ekonomi Baru Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan jalan baru akses Tanjung Selatan, Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, Jumat siang, 17 Maret 2023. Peresmian dilakukan Jokowi usai menghadiri istighosah dan doa bersama serta peninjauan pasar rakyat Tanjung.

Sebelum bertolak ke Bandara Warukin untuk kembali ke Banjarbaru, Presiden Jokowi menyempatkan meresmikan Jalan Nan Sarunai di kawasan Tanjung Green City.

Peresmian jalan sepanjang 4,2 kilometer dan lebar 30 meter ini dilakukan Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Indonesia, Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, Kepala Dinas PUPR Tabalong, Wibawa Agung Subrata, dan Presiden Direktur PT Adaro Energy, Garibaldi Thohir.

Dihadapan awak media, Presiden Jokowi menilai pembangunan jalan melalui dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional Pemerintah Pusat ini diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Tabalong.

Presiden Jokowi menilai pembangunan jalan baru sepanjang 4,2 kilometer dan lebar 30 meter ini akan memacu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tabalong.

“Ini jadi barang yang saya kira bagus, ini akan mentrigger titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Tabalong. Dan tadi saya tanyakan ke Pak Bupati gimana pertumbuhan ekonomi, tahun yang lalu 3,27 kemudian tahun 2022 5,30. Itu memang memberikan sebuah dorongan ekonomi.” ujar Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga  Kebakaran Hanguskan 5 Rumah Warga Marindi

Sekedar diketahui, jalan baru penghubung Tanjung Selatan dengan Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak ini dibangun menggunakan dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional dari Pemerintah Pusat melalui PT SMI, dengan nilai kontrak sebesar 104 milyar rupiah. Nilai kontrak tersebut termasuk digunakan untuk pembangunan enam jembatan, yang terdiri dari empat jembatan slab beton dan dua jembatan box culvert.

Hadirnya jalan baru untuk menunjang kawasan Tanjung Green City ini diharapkan mampu mengurai kemacetan di wilayah kota, sekaligus memangkas waktu dan jarak perjalanan masyarakat.

Kedepan, kawasan Tanjung Green City bakal dijadikan ikon Tabalong sebagai metropolis baru di Kalimantan Selatan.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment