DISBUNNAK Tabalong Monitoring Petani di Wirang

by tabalong hari ini
0 comment

Di awal tahun 2023, Disbunnak Tabalong memonitor bantuan yang telah diberikan pada tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil pemantauan, sejauh ini, para Kelompok Tani Desa Wirang sudah manfaatkan bantuan sesuai dengan arahan Disbunnak Tabalong.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, memonitor kebun karet masyarakat di Desa Wirang pada 19 Januari 2023, yang menerapkan pola tanam supradin. Monitoring dilakukan di kebun karet milik warga, yang menjadi sasaran bantuan program peremajaan kebun karet oleh Disnunnak Tabalong pada Tahun 2022 lalu.

Monitoring inu untuk memastikan bantuan peremajaan karet yang disalurkan Disbunnak Tabalong, benar benar diterapkan petani sesuai anjuran disbunnak. Kepala Bidang Sarana Disbunnak Tabalong, suhadi mengatakan, sejauh ini para kelompok tani sudah menerapkan arahan yang pihaknya telah berikan. Yakni melakukan peremajaan karet dengan menerapkan pola supradin.

“Alhamdulillah kelompok tani sepertinya sudah menerapkan apa yang sudah kita sarankan.  Harapan kami dengan pola supradin  ini petani tidak saja karet menjadi sumber utama tapi ada usaha sampingan dengan lahan yang sama,” ungkapnya.

Pada Tahun 2022 lalu, Disbunnak Tabalong memberikan bantuan karet untuk peremajaan, bagi 274 hektar lahan karet yang tersebar di seluruh wilayah Tabalong. Khusus untuk Desa wirang, pada tahun 2022,telah menerima bantuan bibit karet sebanyak 22 hektar. Dengan jumlah 420 bibit karet per hektar. Selain menerima bibit karet, kelompok tani Desa Wirang  pada tahun 2022 juga menerima bantuan pupuk, peralatan pasca panen, seperti mangkok dan talang sadap.

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment