Petani Karet di Wirang Rasakan Manfaat Pola Supradin

by tabalong hari ini
0 comment

Upaya Disbunnak Tabalong dalam meningkatlan kualitas dan produktivitas kebun karet yang ada di Tabalong, disambut baik oleh sejumlah petani. Pasalnya bantuan tersebut dapat dirasakan langsung mamfaatnya oleh para petani.

Sejumlah bantuan  dan sosilisasi pemanfaatan lahan karet yang diberikan oleh Disbunnak Tabalong setiap tahunnya, mendapat respon positif dari warga Desa Wirang. Terlebih mayoritas penduduk di desa ini adalah penyadap pohon karet.

Seperti yang dirasakan oleh ketua kelompok tani karya bersatu, Urul Yani. Ia mengatakan tidak hanya mendapat bantuan bibit karet, tapi ia juga diberikan pengetahuan terkait penanaman bibit karet dengan pola supradin, yang berdampak pada peningkatan pendapatanya.

Kami sebagai ketua kelompok memohon bibit tahun 2020 terus direalisasikan tahun 2021 dan ini hasilnya karet yang kami tanam cara supradin supradin itu 2× 2,5 x 18 m. Terus di lahan jarak 18 m itu bisa digunakan untuk tanaman lain, misalnya untuk tanaman sayur tanaman apa aja jagung dan lain-lainnya.”

Tidak hanya diberikan bibit karet, para petani jiga diberikan bantuan berupa peralatan pasca panen. Seperti mangkok sadap, cincin sadap, dan juga talang sadap. Selain itu, untuk membantu keberlangsungan pertumbuhan karet, para petani juga diberikan alat semprotan dan berbagai jenis pupuk.

“Kalau kami ada menerima karet 2022 dan semprotan dan herbisida nya.” kata Rajuli, Ketua Kelompok Tani Sungai Kautan II.

“Di tahun 2022 kami mendapatkan lagi bantuan alat pasca panen berupa mangkok sadap talang sadap untuk cincin sadap untuk penyadapnya dan pisau sadap sama membeku sintas namanya.” tutur Akhmad Hiriyadi, Ketua Kelompok Karya mqandiri.

Para petani berharap, agar bantuan dari Disbunnak Tabalong, dapat terus diberikan dari tahun ke tahun. Sehingga pemerataan bantuan dapat dirasakan oleh seluruh petani yang ada di Kabupaten Tabalong.

Maria ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment