Home DPRD Komisi II DPRD Tabalong Dukung Penuh Relokasi Rumah Potong Hewan Disbunnak

Komisi II DPRD Tabalong Dukung Penuh Relokasi Rumah Potong Hewan Disbunnak

by tabalong hari ini
0 comment

Rencana relokasi rumah potong hewan milik Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong disambut baik oleh Komisi II DPRD Tabalong. Dewan menilai pemindahan tersebut layak dilakukan lantaran lokasinya yang tidak representatif.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Mursalim, saat ditemui di kantor Sekretariat DPRD Tabalong pada Senin, 29 Juni 2023.

Mursalim menilai relokasi rumah potong hewan sangat perlu dilakukan. Pasalnya, kondisi RPH yang berada di daerah Kelurahan Mabuun, tepat di belakang kantor Disbunnak Tabalong, saat ini dinilai kurang layak lantaran tempatnya yang kecil serta berada dekat dengan kawasan permukiman.

Untuk itu, Mursalim sepakat agar pembangunan RPH baru nantinya berkonssep modern dan terpadu sehingga RPH dapat diperuntukkan untuk semua jenis ternak dan unggas.

“Kami juga sangat sepakat dengan itu, artinya dengan adanya RPH dan RPU itu sendiri supaya mau tidak mau yang pertama untuk daging dan unggas itu sendiri bisa dikatakan sehat begitu. Kalau di luar kan kemungkinan kita tidak bisa memantau itu, harapan kita. Yang pertama melihat dari perpaduan pemotongan hewan dan juga unggas, kemarin kita lihat itu sama seperti di Banjarmasin, tapi mereka sudah punya tempat yang memadai. Tapi kalau tempat kita sekitar 4 hektar, ya kemungkinan cukup. Tapi kalau bisa lebih baik lagi, kalau itu lebih,” ujar Mursalim, Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Baca Juga  BUMDES Bina Bersama Desa Kaong Setorkan PAD Terbanyak di Tahun 2023

Mursalim berharap dengan adanya pembangunan rumah potong hewan terpadu dan modern ini, dapat meminimalisir adanya pemotongan liar di masyarakat, baik untuk kebutuhan daging sehari-hari maupun untuk konsumsi pada hari besar keagamaan.

Diketahui sebelumnya, sejumlah staf ahli Bupati Tabalong telah meninjau lokasi RPH saat ini, dimana dalam tinjauan tersebut para staf ahli sepakat RPH akan dipindah ke tempat yang lebih representatif dan strategis.

Untuk mendukung relokasi ini, Disbunnak Tabalong akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan fisik RPH terpadu pada tahun 2024 mendatang.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment