Talkshow HUT 51 B-Post, Bupati Anang Bahas Soal Kemandirian UMKM

by tabalong hari ini
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dipercaya sebagai salah satu narasumber Podcast B-Talk yang digelar Banjarmasin Post dalam memperingati hari jadi B-Post ke 51 Tahun, pada 2 Agustus 2022. dalam podcast yang bertema UMKM Kalsel go global ini, Bupati Anang diminta memaparkan strategi dan kiat dalam pengembangan UMKM Tabalong.

Dalam 10 tahun terakhir, pertumbuhan UMKM Tabalong diakui mulai menggeliat, seiring dengan perubahan paradigma masyarakat dari konsumen ke produsen. Bupati Anang mengakui merubah paradigma masyarakat yang memiliki sumber daya alam melimpah, bukan hal mudah, sehingga dibutuhkan strategi dan dukungan semua pihak.

Bupati Anang menjelaskan menumbuhkan UMKM lokal menjadi salah satu prioritas pembanguan Tabalong periode 2014-2019, dengan upaya mencetak 5 ribu tenaga terampil dan wirausaha baru. program ini dilanjutkan di periode 2019-2024, dengan berbagai dukungan inovasi lain, salah satunya akses permodalan melalui kredit gerbang emas.

Dalam kesempatan ini, Bupati Anang juga mejelaskan kiat menumbuhkan umkm lokal tak bisa hanya dilakukan pemerintah kabupaten, tetapi juga memerlukan dukungan pemerintah Provinsi Kalsel. baik dalam hal peningkatan kualitas pengusaha UMKM melalui pelatihan, maupun menambah akses permodalan UMKM.

Podcast ini juga turut diisi Duta Besar RI untuk Kazhakstan dan Tajikistan, Muhammad Fadjroel Rachman. Akademisi Unlam, Arief Budiman. dan penggiat UMKM, Irfani Adi Siswanto.

(Dari Prokopim Setda, Untuk TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment