Home Tabalong Hari IniKesehatan Pelayanan Kesehatan Remaja Jadi Perhatian Dinkes Tabalong

Pelayanan Kesehatan Remaja Jadi Perhatian Dinkes Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Kesehatan Tabalong menggelar penyuluhan pelayanan kesehatan peduli remaja atau PKPR pada Selasa, 11 Juli 2023, di Gedung Pusat Informasi Tanjung. Penyuluhan PKPR digelar untuk memperkuat peran fasilitas kesehatan terhadap pelayanan kesehatan peduli remaja, menggunakan manajemen terpadu pelayanan kesehatan remaja.

Penyuluhan pelayanan kesehatan peduli remaja atau PKPR diikuti oleh 80 orang peserta yang berasal dari puskesmas, kader posyandu remaja, kepala puskesmas, pengelola PKPR, pengelola UKS, serta lintas sektor yang ada di Tabalong.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat peran fasilitas kesehatan terhadap pelayanan kesehatan peduli remaja, menggunakan manajemen terpadu pelayanan kesehatan remaja atau MTPKR. MTPKR merupakan suatu algoritma yang digunakan petugas kesehatan untuk mendapatkan informasi kesehatan para remaja, khususnya yang berusia 10 hingga 18 tahun.

Analis Kesehatan Ibu dan Anak Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Windarti, menuturkan bahwa kesehatan remaja ini merupakan suatu hal yang kompleks, karena berbagai macam kondisi yang dihadapi remaja. Oleh karena itu, ia menilai posyandu remaja berperan penting untuk memfasilitasi pelayanan kesehatan remaja.

“Karena untuk anak sekolah, akses pelayanan kesehatan ada di upaya kesehatan sekolahnya, namun bagaimana kita melihat kondisi anak-anak remaja kita yang tidak ada di sekolah, sehingga posyandu remaja ini memfasilitasi akses pelayanan kesehatan yang ada di wilayah tersebut, khususnya untuk anak-anak yang tidak ada di sekolah,” ujar Windarti, Analis Kesehatan Ibu dan Anak Dinkes Provinsi Kalsel.

Baca Juga  Dinas ESDM Kalsel Upayakan Percepat Verifikasi Arsip Eks Dinas ESDM Tabalong

Windarti menambahkan bahwa sejumlah upaya lain pun terus dilakukan untuk meningkatkan kesehatan remaja, seperti mempersiapkan kader kesehatan remaja. Kader kesehatan remaja ini akan diberikan informasi dan edukasi oleh petugas kesehatan, untuk selanjutnya disampaikan kembali ke remaja lainnya.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment