DPRD Kaltim Ke Tabalong Bahas Peluang Kerjasama Sambut IKN

by tabalong hari ini
0 comment

DPRD provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Tabalong, pada Jumat 16 September 2022, di Sekretariat DPRD Kabupaten Tabalong. Dalam kunker kali ini, kedatangan DPRD provinsi Kalimantan Timur diterima Wakil Ketua Satu DPRD Kabupaten Tabalong, Jurni.

Jurni mengatakan, kunker dilakukan untuk membahas kesiapan Kabupaten Tabalong menyambut Ibukota Negara Baru Nusantara. Ia pun menjelaskan, Tabalong sudah mempersiapkan dari segi infrastruktur, khususnya jalan kabupaten, provinsi, dan Nasional.

Selain itu, Tabalong juga melakukan upaya peningkatan sektor pangan dan hortikultura, serta membangun pasar agribisnis. Jurni memaparkan, saat ini pihak legislatif dan eksekutif menyiapkan 3 desa untuk pengembangan pertanian hortikultura, yakni Desa Bongkang, Wirang, dan Nawin.

“Buat sementara ini ada 3 desa untuk percobaan, 2 hektar 1 desa, supaya nanti kita bentuk kelompok taninya mengatur bahwa hari ini tanam jagung umpama, ini tanam terong, ini tanam cabe, supaya semua kebutuhan dari pembeli datang ke pasar agribisnis itu barangnya sudah tersedia semua,” tutur Jurni.

Anggota Komisi Tiga DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Amiruddin mengapresiasi, kesiapan Kabupaten Tabalong dalam menyambut IKN. Ia pun berjanji, mengupayakan konsolidasi ke pemerintah pusat agar terus meningkatkan jalan nasional di daerah penyangga IKN, yakni Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara, Tabalong, dan Tanah Bumbu.

“Nah tentunya dipertahankan lah ini, ditingkatkan lagi, kemudian di tahun-tahun yang akan datang diperlebar lagi yakan, sehingga ini akses jalan ini Kalsel – Kaltim dan daerah-daerah lainnya mungkin dari Paser – Batulicin itu bisa nyambung yakan,” kata Amiruddin.

Amiruddin menuturkan, dalam rangka menyambut IKN, hubungan kerjasama antara Kabupaten Tabalong dengan provinsi Kaltim, khususnya Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara, akan semakin ditingkatkan. Hal ini bertujuan agar kesejahteraan masyarakat di masing-masing kabupaten juga meningkat.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment