Wabup Mawardi : Kesetaraan Gender Indikator Keberhasil Daerah

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Tabalong memberikan bimbingan teknis pengarusutamaan gender, melalui perencanaan penganggaran responsif gender, pada 22 Juni 2022. Bimtek ini untuk mewujdukan kesetaraan dan keadilan gender di berbagai aspek kehidupan dan pembangunan.

Sebanyak 60 perwakilan dari seluruh skpd di Tabalong mengikuti bimtek ini. Melalui kegiatan ini peserta diberikan materi dalam membuat perencanaan dan penganggaran yang responsif gender. Selain itu juga meperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan  bagi perempuan dan laki-laki. Kemudian diintregrasikan  ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan juga evaluasi dari seluruh kebijakan dan program.

Bimtek dibuka Wakil Bupati Tabalong Mawardi. Ia mengingatkan kesetaraan gender atau keadilan gender harus jadi pertimbangan di setiap kebijakan maupun proses pembangunan di Tabalong. Pasalnya keadilan atau kesetaraan gender merupakan salah satu indikator keberhasilan bangsa atau daerah.

“Sebagaimana salah satu komitmen, maka keadilan gender harus mewarnai setiap kebijakan maupun pelaksanaan pembangunan daerah di kabupaten Tabalong. tuntutan itu semakin kita rasakan karena keadilan gender dijadikan  satu indikator keberhasilan bangsa dan pembangunan. Melalui kegiatan ini kita harapkan percepatan kesetaraan dan keadilan gender dapat tercapai.” Kata Mawardi, Wakil Bupati Tabalong.

Kepala DP3AP2KB Tabalong, rusmadi berhara, setelah bimtek, segala perencanaan dan penganggaran di SKPD, dapat mengutamakan keadilan gender. Sehingga kontribusi perempuan maupun laki-laki dalam pembangunan dapat seimbang.

“Kami berharap program penganggaran yang responsif gender ini dapat terlaksana dengan baik sehingga kebijakan atau program yang dilakukan itu berfokus kepada aspek yang memperhatikan kondisi kesenjangan antara perempuan dan laki-laki serta disabilitas.” Kata Rusmadi,Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Sebanyak 4 orang narasumber dihadirkan dalam kegiatan bimtek ini. Yakni diantaranya narasumber dari Dinas PPPA Provinsi Kalimantan Selatan, Bappedalitbang Tabalong, Inspektorat Tabalong, serta dari DP3AP2KB  Tabalong. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment