Komisi II DPRD Tabalong Carikan Solusi Kelangkaan Solar Subdisi Dikalangan Petani

by tabalong hari ini
0 comment

Usai menerima keluhan dari para petani terkait sulitnya mendapatkan solar bersubsidi, Komisi II DPRD Tabalong memanggil dinas terkait untuk merumuskan permasalahan tersebut, pada 3 Agustus 2022. Dalam pertemuan ini komisi 2 memanggil Dinas Koperasi UKM Perindag Tabalong dan pihak perumda yang berkaitan langsung dengan pendistribusian solar bersubsidi.

Melalui pertemuan ini, Dinas Koperasi UKM Perindag menyampaikan aturan BPH Migas Nomor 191 Tahun 2019, yang menyebutkan petani bisa mendapatkan solar bersubsidi dengan rekomendasi dari dinas terkait, yaitu dinas pertanian. Sehingga petani yang ingin mendapatkan solar bersubsidi bisa meminta surat rekomendasi dari Dinas Pertanian dan membawanya ke SPBU yang melayani penyaluran solar bersubsidi.

“Jadi silahkan aja para petani bersurat ke dinas pertanian bahwa mereka butuh solar subsidi dengan memenuhi persyaratan-persyaratan itu, dan dinas pertanian bisa memberikan rekomendasi dan rekomendasi inilah yang dibawa ke SPBU, jadi ditempat kita ada 4 SPBU yang menyediakan solar subsidi ini, jadi silahkan dimana 4 lokasi mereka yang terdekat, tapi juga rekomendasi itu, itu hasil komunikasi kami dengan Pertamina juga,” kata Ria Menawari, Sekretaris Diskop UKM Perindag Tabalong.

Disamping itu Wakil Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Mursalin, berharap kuota solar bersubsidi untuk Tabalong dapat ditambah. Pasalnya ia menilai, diluar kebutuhan para petan saja solar bersubsidi masih kurang untuk memenuhi kebutuhan di Tabalong, terlebih jika petani masuk sebagai konsumen.

“Kami berharap kuota itu ditambah, karena kita khawatir ketika untuk solar subsidi itu berjalan ada gejolak di masyarakat, artinya para pengguna solar subsidi masih merasa kekurangan di luar dari pihak pertanian,” ujar Mursalin.

Usai melakukan pertemuan ini, pihak Komisi II DPRD Tabalong akan segera melakukan pertemuan dengan pihak Pertamina untuk mengusulkan rencana penambahan kuota pasokan solar ke Tabalong. Seperti diketahui, di Tabalong terdapat 4 SPBU yang melayani penyaluran solar subsidi, diantaranya SPBU Mantuil, SPBU Simpung Layung, SPBU Kasiau, dan SPBU Maburai.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment