Home Tabalong Hari Ini Armada AKDP Langsat Manis Akan Beroperasi, Begini Cara Mengaksesnya…

Armada AKDP Langsat Manis Akan Beroperasi, Begini Cara Mengaksesnya…

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Perhubungan akan mengoperasikan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) melalui inovasi layanan Angkutan Masyarakat Tabalong Nyaman dan Ekonomis atau Langsat Manis. Untuk mendapatkan layanan tersebut, masyarakat bisa mengakses melalui aplikasi online.

Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong pada Senin, 20 November 2023, akan mengoperasionalkan inovasi Langsat Manis atau layanan Angkutan Masyarakat Tabalong Nyaman dan Ekonomis berupa armada Angkutan Kota Dalam Provinsi, dengan rute dari Tanjung ke Martapura, Banjarbaru, dan Banjarmasin.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan Langsat Manis, dapat mengunduh aplikasi Go-Tab di Play Store, lalu daftar akun atau login, dan setelah itu calon penumpang dapat melakukan pemesanan atau booking serta pembayaran secara non-tunai melalui aplikasi Go-Tab.

Melalui aplikasi ini, calon penumpang juga dapat mengetahui keberadaan lokasi unit armada yang akan melayani calon penumpang.

Sedangkan untuk tarif yang dikenakan kepada calon penumpang berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 65 Tahun 2023, yaitu dari Tanjung ke Martapura atau Banjarbaru, dan sebaliknya, dikenakan biaya 150.000 rupiah per orang. Sedangkan dari Tanjung ke Banjarmasin atau sebaliknya, dikenakan biaya 170.000 rupiah per orang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong, melalui Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Balai Pengujian Kendaraan Bermotor selaku pengelola, Makarius Djatmiko, mengatakan bahwa karena layanan ini merupakan angkutan AKDP, maka titik jemput dan titik antar penumpang berada di terminal.

Baca Juga  H-3 Lebaran Pasar Tanjung Dipadati Pembeli

“Layanan kami saat ini adalah AKDP atau Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi memang secara prosedur AKDP ini hanya melayani dari terminal ke terminal. Saat ini di Tabalong itu yang tersedia titik tumpulnya adalah terminal Mabuun, kemudian menuju Banjarmasin adalah terminal Pal 6, kemudian kembali lagi ke Tanjung setelah dari Pal 6, kemudian ke TGB, terminal Gambut Barakat itu titik kumpul yang ketiga, lalu titik kumpul yang keempat adalah terminal BRT Banjarbakula disimpang 4 Banjarbaru, kemudian titik kumpul yang kelima adalah terminal Pasar Blauran Martapura,” ujar Makarius Djatmiko, Kepala BLUD UPTD Balai PKB Dishub Tabalong.

Pada tahap awal ini, Dishub Tabalong menyediakan 2 sesi keberangkatan, yaitu pada pukul 06.30 WITA dan pukul 10.00 WITA.

Untuk sesi keberangkatan pertama atau pukul 06.30 WITA, Dishub menyediakan 3 unit armada Toyota Hiace yang dapat menampung 39 orang penumpang.

Sedangkan untuk sesi keberangkatan kedua atau pukul 10.00 WITA, Dishub menyediakan 2 unit armada Toyota Hiace yang dapat menampung 26 orang penumpang. Namun apabila nanti permintaan masyarakat bertambah, maka Dishub akan menyediakan tambahan unit sampai dengan 10 unit per hari.

Bagi calon penumpang yang sudah melakukan pemesanan keberangkatan, diimbau untuk sudah berada di lokasi terminal 15 menit sebelum jam keberangkatan. Hal ini dilakukan guna memberikan pelayanan tepat waktu kepada masyarakat.

Baca Juga  DP3AP2KB Tabalong Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester I Tahun 2023

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment