28 Insan Pertanian dari Sejumlah Provinsi PKL di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sektor pertanian, Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang melakukan pelatihan dasar fungsional bagi penyuluh pertanian ahli dan penyuluh pertanian terampil. Salah satu rangkaian dalam pelatihan dasar fungsional ini, yakni melakukan praktik lapang yang dilaksanakan selama 5 hari dari 1-5 Agustus 2022 di Kabupaten Tabalong.

Praktik lapang ini diikuti 13 orang penyuluh pertanian ahli, dan 15 orang penyuluh pertanian terampil, yang berasal dari Provinsi Kalbar, Kaltim, Kaltara, Kalteng, dan Jatim. Lokasi praktik lapangan bertempat di Kecamatan Upau dan Kecamatan Bintang Ara, yakni di wilayah kerja BPP Kembang Kuning dan BPP Bintang Ara.

Kepala BBPP Binuang, Yulia Asni Kurniawati menjelaskan, tujuan praktik lapang pelatihan dasar fungsional bagi penyuluh pertanian agar mereka mampu menyusun programa kabupaten. Sedangkan praktik lapang untuk penyuluh terampil ditujukan agar peserta mampu menyusun programa kecamatan. Selain itu para peserta juga diminta untuk dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat selama 2 minggu pembelajaran di BBPP Binuang, baik secara offline maupun online di lapangan.

“Dimana para penyuluh ini nantinya selain menghasilkan output programa kabupaten juga programa kecamatan dan kita bisa saksikan mereka sedang berpraktik bagaimana melaksanakan webinar penyuluhan secara daring disamping juga penyuluhan secara langsung kepada para gapoktan, pengurus gapoktan maupun kelompok tani,” Yulia Asni Kurniawati, Kepala BBPP Binuang.

Kegiatan para peserta pada praktik lapangan selama 5 hari di Kecamatan Upau dan Kecamatan Bintang Ara yakni, praktik penggalian data identifikasi potensi wilayah, praktik penyuluhan, penyusunan programa dan penyusunan laporan kegiatan.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment