Pemkab Tabalong Sediakan Sedot WC Gratis

by tabalong hari ini
0 comment

Jagat media sosial di kalangan masyarakat Tabalong. Sempat diramaikan dengan beredarnya brosur layanan sedot WC atau septic tank gratis dari UPTD Pengelolaan Air Limbah Dinas PUPR Tabalong. Namun Kepala UPTD PAL Dinas PUPR Tabalong. Hadi Susanto mengatakan. Bahwa layanan yang disampaikan melalui brosur tersebut sudah dilaksanakan sejak akhir Januari hingga Maret Tahun 2022.

Hadi Susanto memaparkan. Selama periode tersebut pihaknya berhasil melayani penyedotan gratis 114 septic tank milik warga dan fasilitas umum yang tersebar di wilayah tengah, Yakni Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, dan Tanta.

Melihat tingginya antusias masyarakat akan hal ini, UPTD pal akan kembali menganggarkan layanan sedot WC gratis melalui APBD perubahan Tahun 2022. Namun penyedotan WC gratis selanjutnya dibatasi hanya 1 setengah meter kubik per septic tank. Agar lebih banyak masyarakat yang memperoleh manfaat layanan tersebut. Hal ini disampaikan Hadi Susanto saat dikonfirmasi pada Rabu 3 Agustus 2022.

“Jadi untuk pendaftarannya belum kita buka, setelah ada kepastian dengan anggaran perubahan artinya penambahan bahan bakar, kita akan infokan lagi selanjutnya pada bulan september tersebut. Jadi untuk kedepannya kita rencanakan per tangki septic itu 1,5 meter kubik untuk satu buah rumah,” ujar Hadi

Hadi Susanto menjelaskan, Limbah tinja yang mereka sedot diolah di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Tabalong. untuk dipisahkan antara cairan dan padatan. Cairan limbah dibersihkan terlebih dahulu sebelum dibuang ke alam, sedangkan padatannya diolah menjadi pupuk kompos.

Hadi menambahkan, Kantor UPTD PAL dan IPLT Tabalong dibangun Tahun 2020 melalui Dana APBN. Kemudian pada tahun 2021, pihaknya sudah menganggarkan sedot WC gratis, namun terkena dampak refocusing akibat pandemi Covid-19, sehingga program layanan kepada masyarakat ini baru dapat terealisasi Tahun 2022.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment