Kader PKM Tabalong Dibekali Pemetaan Potensi Munculnya Stunting

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Dinas Kesehatan Tabalong menggelar pertemuan bersama seluruh Kader Pembangunan Manusia, KPM dari seluruh desa se Tabalong pada 17 Mei 2022 di Gedung Sarabakawa Tanjung. Dalam pertemuan ini Dinkes mensosialisasikan pemetaan dan analisa program percepatan menekan angka stunting di Tabalong.

Melalui sosialisasi ini, KPM diedukasi agar dapat mendeteksi hal-hal yang dapat menjadi pemicu stunting dalam sebuah keluarga. Sehingga mereka dapat mengintervensi faktor penyebab stunting, agar pecegahan stunting dapat berjalan maksimal.

“Jadi para kader KPM nanti akan melakukan pemetaan terhadap lokasi-lokasi para calon penderita stunting terutama misalnya ada rumah-rumah yang beresiko seperti ada ibu hamil ada balita dan sebagainya. Nah di situ dilihat juga bagaimana keadaan sanitasi keadaan rumahnya dan sebagainya sehingga faktor-faktor risiko ini bisa kita intervensi dalam rangka pencegahan stunting terutama pada 1000 HBK.” Kata Dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Dokter Taufiq menjelaskan, data yang didapat dari hasil pemetaan dan analisa, akan dijadikan acuan dalam membuat keputusan perencanaan dalam penanganan stunting secara global. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment