Home Tabalong Hari Ini Tingkatkan Kualitas Perempuan di Bidang Politik, Ini Upaya DP3AP2KB Tabalong…

Tingkatkan Kualitas Perempuan di Bidang Politik, Ini Upaya DP3AP2KB Tabalong…

by Muhammad Rais
0 comment

DP3AP2KB Kabupaten Tabalong menggelar pelatihan sumber daya manusia perempuan bagi anggota legislatif, anggota partai politik, anggota BPD, dan organisasi wanita di Kabupaten Tabalong pada Kamis, 20 Juni 2024, di Aston Tanjung City Hotel.

Pelatihan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tabalong ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong, Pebriadin Hapiz.

Pelatihan diikuti oleh 50 orang perempuan yang merupakan bakal calon anggota legislatif, anggota parpol, anggota BPD, dan organisasi wanita yang ada di Kabupaten Tabalong.

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk peningkatan kualitas perempuan di bidang perpolitikan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan gender.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong, Rusmadi, mengatakan kegiatan ini rutin digelar setiap tahun untuk memberikan ruang aksesibilitas yang luas di bidang politik, khususnya menyiapkan perempuan menjadi anggota legislatif.

Melalui upaya ini diharapkan mampu mempercepat proses pembangunan dan dapat memberikan andil meningkatkan Indeks Pembangunan Gender dan Indeks Pemberdayaan Gender di Kabupaten Tabalong, terlebih pada pemilihan DPRD periode 2024-2029, perempuan mendapatkan 8 kursi atau 27 persen.

“Untuk itu kiranya kita lakukan kegiatan ini setiap tahun agar memberikan bekal kepada para perempuan-perempuan yang ada di Kabupaten Tabalong, baik itu yang tergabung di dalam partai politik, organisasi wanita, organisasi desa, dan sebagainya. Mereka diberikan bekal untuk berpartisipasi di bidang legislatif dan lembaga-lembaga lainnya,” ujar Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Baca Juga  Tiba di Asrama Haji, Jamaah Haji Tabalong Terima Berbagai Dokumen

Rusmadi menambahkan, dengan adanya pelatihan SDM perempuan ini juga diharapkan dapat menjadi referensi dan panduan bagi calon legislatif perempuan untuk memahami sistem pemilu, memahami seluk-beluk aturan teknis dalam sistem demokrasi, mengetahui tentang perubahan aturan mengenai sistem pemilu, serta memotivasi mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan daerah.

Pada pelatihan ini, DP3AP2KB Tabalong menghadirkan beberapa narasumber, seperti dari DP3AKB Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua KPU Tabalong, perwakilan dari DPRD Kabupaten Tabalong, serta narasumber lainnya.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment