Home Tabalong Hari Ini Pengelolaan Keuangan Jadi Kendala Pengurus BUMDes di Tabalong

Pengelolaan Keuangan Jadi Kendala Pengurus BUMDes di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Kegiatan peningkatan kapasitas bagi pengurus BUMDes disambut baik oleh para peserta. Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan, khususnya terkait administrasi dan laporan keuangan.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tabalong menggelar kegiatan peningkatan kapasitas bagi puluhan pengurus BUMDes di Tabalong pada 11 hingga 14 Juni 2024 di Hotel Jelita Tanjung.

Kegiatan ini digelar agar para pengurus BUMDes dapat menyusun administrasi dan laporan keuangan dengan baik dan benar.

Adanya peningkatan kapasitas ini pun disambut baik sejumlah pengurus BUMDes di Tabalong, seperti yang diungkapkan Ahmad Muhaimin, pengurus BUMDes Sumber Berkah Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak.

Menurutnya, kegiatan peningkatan kapasitas bagi pengurus BUMDes sangat penting, mengingat selama ini pihaknya seringkali mengalami kendala dalam pengelolaan keuangan.

“Sejauh ini kendalanya sering terjadi di dalam pengelolaan keuangan, kadang ada mis perhitungan, mis kalkulasi. Dengan adanya kegiatan seperti ini, mungkin kami masih butuh pembelajaran untuk meningkatkan laporan keuangan kami,” ujar Ahmad Muhaimin, pengurus BUMDes Sumber Berkah Belimbing Raya.

Hal serupa juga dirasakan oleh Novia Herliyani, pengurus BUMDes Mart Desa Padangin, Kecamatan Tanta. Ia berharap melalui kegiatan ini banyak ilmu yang akan ia dapatkan, sehingga peningkatan kualitas pembukuan keuangan dapat lebih baik lagi.

“Harapan kami untuk peningkatan ini agar lebih bisa lagi dan maju lagi, itu saja,” ujar Novita Herliyani, pengurus BUMDes Mart Desa Padangin.

Diketahui, kegiatan peningkatan kapasitas pengurus BUMDes diikuti sebanyak 54 orang peserta, terdiri dari 25 orang pengurus BUMDes, 25 orang tenaga pendamping profesional (TPP), serta 4 orang tenaga ahli kabupaten.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment