Home Editor's Picks Survey Angkatan Kerja Akan Digelar BPS di Tabalong

Survey Angkatan Kerja Akan Digelar BPS di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Badan Pusat Statistik Tabalong akan melakukan kegiatan survei angkatan kerja nasional, pada awal dan pertengahan tahun 2023. Survei ini dilakukan untuk memperoleh estimasi data pekerja dan pengangguran di Tabalong.

Survei Angkatan Kerja Nasional atau Sakernas tahun 2023 yang akan dilakukan Badan Pusat Statistik Tabalong digelar bulan Februari dan Agustus 2023 dengan total 70 blok sensus.

Di bulan Februari, BPS Tabalong akan melaksanakan Sakernas terhadap 14 blok sensus yang tersebar di 10 kecamatan, yakni Murung Pudak , Tanta , Tanjung , Kelua , Pugaan , Bintang Ara , Haruai , Upau , Jaro dan Muara Uya.

Sedangkan di bulan Agustus, Sakernas dilakukan terhadap 56 blok sensus yang menyasar 12 Kecamatan di Tabalong.

Di setiap blok sensus, terdapat 10 10 rumah tangga yang akan di survey, sehingga total 700 rumah tangga akan berpartisipasi di Sakernas 2023.

Kepala Badan Pusat Statistik Tabalong, Sigit Purnomo menjelaskan Sakernas ini dilakukan untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan, dan secara khusus bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, jumlah pengangguran dan indikator ketenagakerjaan, serta perkembangannya.

“Mengingat pentingnya indikator yang dihasilkan Sakernas dalam menunjang tercapainya tujuan pembangunan nasional, Sakernas dapat menghasilkan berbagai indikator ketenagakerjaan yang akurat dan berkualitas. Untuk itu BPS selalu me monitoring dan mengevaluasi setiap tahapan kegiatan mulai dari pelatihan petugas pengumpulan datanya, pengolahan hingga diseminasi datanya. Selain itu data ketenagakerjaan hasil Sakernas juga berguna untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang dicanangkan secara global melalui indicator pembangunan berkelanjutan,” tuturnya.

Baca Juga  PJ Bupati Hamida: Sektor Pertanian dan SDM Jadi Perhatian Khusus RPJPD 2025-2045

Selain itu, mengingat pentingnya Sakernas ini, Sigit Purnomo pun berharap kepada rumah tangga yang nantinya menjadi sasaran survey untuk terlibat aktif menerima petugas sensus.

Sekedar diketahui , berdasarkan data indikator Sakernas yang dirilis BPS Tabalong, jumlah penduduk usia kerja tahun 2022 mencapai 192.964 orang, bekerja dengan usia diatas 15 tahun sebanyak 133.323 orang, serta pengangguran terbuka di tahun 2022 sebanyak 6219 orang.

Dano Nafarin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment