Peningkatan Kualitas Kampung KB Untuk Cegah Stunting

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Tabalong memberikan edukasi terkait program Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat, kepada 45 peserta, di Desa Masukau Kecamatan Murung Pudak. Mereka terdiri dari perwakilan SKPD dan instansi terkait, perwakilan DP3AP2KB, Pokja Kampung KB, kepala desa serta aparat desa, dan para Penyuluh KB.

Program Dashat ini merupakan salah satu upaya pencegahan stunting, dengan mengedukasi peserta terkait sumber makanan bergizi serta pola asupan gizi yang cukup bagi calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, serta bayi dan balita. Sehingga peserta dapat meningkatkan kegiatan dan kualitas Kampung KB di Desa Masukau ini.

Materi disampaikan Direktorat Lini Lapangan BKKBN RI dan juga Kepala Dinas Kesehatan Tabalong. Dari peluncuran program dan edukasi ini, para peserta diharapkan memahami pentingnya penyajian makanan padat gizi. Sehingga gizi calon pengantin, seorang ibu maupun anak dapat terpenuhi dengan baik, dan terhidnar dari stunting.

 “Harapannnya dengan dicanangkannya Dahsat ini merupakan awal yang dimulai dari kampung KB Desa Masukau ini. Masyarakat khususnya aparat desa bersama dengan pokja kampung KB memahami betul betapa pentingnya menyajikan makanan yang betul-betul memenuhi untuk para cating, ibu hamil, ibu menyusui, seperti itu. Ke depan di desa diharapkan dapat mengelola dapur stunting seperti yang telah diperagakan petugas gizi tadi. Seperti itu.” kata Ahmad Saipullah, Kabid Pengendalian Penduduk dan SDIK DP3AP2KB Tabalong.

Saipullah pun berharap, dapur stunting yang ada di Desa Masukau dapat dicontoh oleh seluruh desa. Sehingga pencegahan dan penurunan stunting melalui pemenuhan gizi yang cukup,dapat terlaksana dengan baik. (Maria Ulfah).

Related Articles

Leave a Comment