Penanganan Stunting Tabalong Kembali Diapresiasi Pemerintah Pusat

by tabalong hari ini
0 comment

Percepatan penanganan stunting di Tabalong berhasil mendapatkan penghargaan dari Menteri Dalam Negeri beberapa waktu lalu. Penghargaan ini membuat Tabalong sebagai kabupaten yang dinilai baik, dalam hal penanganan stunting.

Berdasarkan elektrik pemantauan gizi masyarakat atau EPGM, saat ini hasil prevalensi stunting Kabupaten Tabalong berada di angka 8,8 persen, jauh lebih rendah dari target yang ditetapkan nasional sebesar 14 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie menuturkan, perkembangan progress penanganan stunting akan terus dikembangkan, dan diharapkan kasus stunting dapat terus menurun. Ia pun mengatakan percepatan penanganan stunting di Tabalong dalam tiga tahun terakhir terus berada di tingkat atas, berkat kontribusi berbagai lintas sektor.

”Saya kemarin di bali mewakili Ketua TPPS Tabalong menerima penghargaan dari Kemendagri, jadi Tabalong itu sebetulnya peringkat pertama untuk yang daerah lokusnya, tetapi secara umum untuk seluruh Kal-Sel karena di Kalsel itu kan tidak semua juga menjadi lokus, nah untuk seluruh Kalsel kita ada di peringkat ke-2, nah ini mendapat apresiasi dari beberapa tahun yang kita lakukan, jadi kita sudah 3 tahun melaksanakan stunting ini dan prestasi kita tetap bertahan di peringkat atas,” tutur dr. Taufiq.

Taufiq menambahkan, upaya penanganan stunting akan terus dilakukan, hingga Tabalong zero stunting. Yaitu kondisi daerah tanpa kelahiran stunting dan anak stunting dapat diatasi dengan intensif seusia pertumbuhannya. Sehingga Tabalong dapat melahirkan generasi emas.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment