Home Editor's Picks Pemkab Tabalong Dongkrak Nilai 3 Tatanan Kabupaten Sehat Nasional

Pemkab Tabalong Dongkrak Nilai 3 Tatanan Kabupaten Sehat Nasional

by tabalong hari ini
0 comment

Upaya meningkatkan nilai untuk penghargaan kota sehat yang akan di evaluasi pemerintah pusat terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabalong, hal ini ditandai dengan kembali digelarnya rapat koordinasi bersama sejumlah sektor pada 28 Februari 2023.

Sebanyak 15 SKPD di lingkungan Pemkab Tabalong turut andil dalam penilaian Kabupaten Kota Sehat Nasional.

15 SKPD tersebut berkolaborasi memenuhi sembilan tatanan penilaian, yakni sektor kesehatan, perkim, pendidikan, pasar, pariwisata, transportasi, perindustrian, sosial dan bencana.

Dari 9 tatanan yang menjadi penilaian kabupaten kota sehat, terdapat 3 sektor yang masih berada dibawah angka 70, yakni sektor pariwisata, penanganan pasar, dan badan penanggulangan bencana.

Untuk mendongkrak nilai tersebut, Sekretaris Daerah Tabalong Hamida Munawarah meminta kepada sektor yang menangani, untuk segera melengkapi dokumen yang diminta dalam waktu satu minggu kedepan, pasalnya dirinya menilai hal ini bukanlah permasalahan yang sulit lantaran program tersebut telah di laksanakan.

“Dari 9 tatanan ini mungkin masih ada nilai-nilai yang kurang jadi kami sangat berharap sekali kepada SKPD terkait dengan data yang diminta itu untuk secepatnya menyampaikan informasi,” kata Hamida Munawarah, Sekretaris Daerah Tabalong.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Dokter Taufiqurrahman Hamdie optimis dengan kerjasama yang baik dan modal besar atas capaian open defication free atau ODF di Tabalong akan berpeluang mendongkrak nilai secara keseluruhan.

Baca Juga  Jam Operasional Disdukcapil Berubah Selama Ramadan

“Insha’Allah karena tadi kami harapkan nilai minimal di angka 71 ya dan bahkan ada 2 tatanan yang sudah di atas 80 jadi kita berharap tinggal beberapa tatanan yang memang nilainya masih 60 sekian ya kurang dari 70 dan ini bisa kita selesaikan dan Bu Sekda memberikan arahan dalam satu minggu ini bisa kita percepat untuk input data tersebut,” kata dr. Taufiqurrahman Hamdie.

Taufik menambahkan, Tabalong sendiri merupakan kabupaten yang diharapkan dapat mewakili provinsi Kalimantan Selatan dalam penghargaan kabupaten kota sehat nasional, lantaran telah memenuhi syarat dan upaya membangun kota sehat yang ideal. Rencananya tim evaluasi lapangan dari pemerintah pusat akan datang ke Tabalong untuk meninjau secara langsung 9 tatanan yang telah di ajukan.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment